Connect with us

Nasional

Menteri BUMN: Penetapan Tersangka Jiwasraya Mengembalikan Kepercayaan Publik

Tayang

,

Channel9.id-Jakarta. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan tindakan tegas Kejaksaan Agung menetapkan tersangka dan menahan pihak-pihak yang terlibat dalam kasus Jiwasraya telah mengembalikan kepercayaan publik. “Tindakan tegas dan tak pandang bulu pada kasus Jiwasraya sangat penting dalam mencapai keadilan sekaligus mengembalikan kepercayaan publik pada korporasi,” ujarnya, Selasa, 13 Januari 2020.

Erick juga menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi  BPK yang sudah melakukan investigasi dan juga pihak kejaksaan yang secara cepat dan responsif menangani kasus ini.
“Pengusutan kasus di masa lalu itu sekaligus penataan korporasi untuk hari ini dan masa depan yang semakin baik,” kata dia.

Sebelumnya Mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya, Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya, Syahmirwan, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Jiwasraya.

Selain itu Komisaris PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro, Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo dan Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat juga ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi Jiwasraya.

Sebelumnya Jiwasraya banyak melakukan investasi pada aset-aset dengan risiko tinggi untuk mengejar keuntungan tinggi, di antaranya penempatan saham sebanyak 22,4 persen senilai Rp5,7 triliun dari aset finansial. Dari jumlah itu, lima persen dana ditempatkan pada saham perusahaan dengan kinerja baik, sisanya 95 persen dana ditempatkan di saham yang berkinerja buruk. Akibatnya, Jiwasraya hingga Agustus 2019 menanggung potensi kerugian negara sebesar Rp13,7 triliun.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Tangkal Wacana Radikal, Prof. Leonard: NU Tepat Sebarkan Gagasan Islam Nusantara

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Associate Professor and Coordinator of the Indonesia Programme at the S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS), Leonard C Sebastian menilai, Nahdlatul Ulama (NU) sangat tepat menyebarluaskan gagasan Islam Nusantara di Indonesia.

Menurut profesor asal Singapura ini, Islam Nusantara dapat menjadi pedoman tiap kelompok Islam di Indonesia supaya tidak mudah terprovokasi wacana ekstrem. Sehingga, tercipta tatanan masyarakat yang damai dan harmonis.

“NU berada di jalur yang tepat untuk mempromosikan Islam Nusantara kepada masyarakat Indonesia agar tidak termakan wacana perang dan kekerasan. Sudah tentu , sejalan dengan nilai Pancasila, pondasi kebangsaan Indonesia,” kata Leonard dalam Diskusi Tematik Online ‘Islam Nusantara: Pandangan dan Masukan dari Seorang Akademisi Asing’ yang diadakan PW ISNU DKI Jakarta, Sabtu (4/7).

Terlebih, Islam Nusantara juga memberikan kebebasan tiap kelompok Islam di Indonesia untuk menentukan praktik dan ritual keagamaanya dengan berlandaskan pada nilai-nilai tersebut.

Dia menilai, kekuatan Islam Nusantara sebagai penangkal wacana ekstrem, terletak pada karakter-karakter Islam Wasatiyyah (Jalan Tengah Islam) di dalamnya.

“Islam Nusantara mengembangkan karakter-karakter Islam Wasatiyyah, seperti tawassuth (jalan tengah), tawazun (keseimbangan), I’tidal (lurus dan tegas), tasamuh (toleransi), musawah (egalitarian dan non-diskriminatif), syura (mufakat), islah (reformasi), aulawiyah (menekankan prioritas), tathawwur wa ibtikar (dinamis dan inovatif), dan tahadhdhur (beradab),” ujar Leonard.

Di samping itu, Leonard menyatakan, masyarakat nusantara sejak dahulu sudah meresapi dan mempraktikkan gagasan Islam Nusantara. Islam sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kebudayaan masyarakat nusantara. Selama itu juga, Islam berperan besar menyatukan berbagai kelompok.

“Islam Nusantara merupakan perpaduan antara nilai-nilai Islam dengan tradisi masyarakat. Islam Nusantara tidak menolak tradisi asalkan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam,” kata Leonard.

Leonard pun menyarankan, gagasan Islam Nusantara terus disebarluaskan.

“Islam Nusantara adalah konsep yang tepat. Dengan demikian, dapat tercipta masyarakat yang damai dan aman,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading

Nasional

Wakapolda Jatim Launching Pengemudi Ojek Tangguh Semeru

Published

on

By

Channel9.id-Gresik. Berbagai upaya terus dilakukan oleh Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gresik untuk memerangi COVID-19. Di saat menyambut new normal, warga yang dalam kesehariannya bekerja dalam jasa transportasi di Kota Gresik dijadikan pengemudi tangguh.

Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo di dampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik antara lain Bupati Sambari Halim Radianto, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Budi Handoko, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Kajari Heru, dan Ketua DPRD H.Fandi Akhmad melaunching ‘Pengemudi Ojek Tangguh Semeru’ di Alun-Alun Kota Gresik, hari ini, sabtu (4/7/2020).

Ada 75 orang perwakilan dari pengemudi ojek. Terdiri 50 orang ojek konvensional dan 25 ojek online mendapat bantuan sembako, masker, pembatas.

“Kita tahu transportasi ojek masih dibutuhkan orang. Untuk itu, dengan adanya bantuan pembatas antara pengemudi dan penumpang bisa meminimalisir penyebaran virus Covid-19,” ujar Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo.

Ia juga menambahkan, dengan menggunakan pembatas serta mengenakan masker. Minimal 60 persen turut serta menekan penyebaran virus Covid-19.

“Menghadapi corona sederhana pertama kejujuran. Kalau sakit sampaikan sakit. Saat terpapar bukan hal yang tabu tapi sesuatu yang harus diobati. Kalau tidak diobati resikonya tambah banyak. Kedua, disiplin mengenakan masker adalah kebutuhan. Sebab, seperti yang saya sebut di awal. Masker bisa mengurangi 60 persen penyebaran Covid-19, dan ketiga rajin cuci tangan serta menjaga jarak atau psysical distancing,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Sambari Halim Radianto menuturkan, berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bukan berarti masyarakat seenaknya melakukan aktivitas. “Kami kembali memberlakukan jam malam mulai pukul 22.00 hingga 04.00 WIB. Jam malam itu sudah diatur di Perbup nomor 22 tahun 2020 tentang Masa Transisi New Normal Pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sambari juga tidak berharap Gresik yang selama ini menempati urutan ketiga se-Jawa Timur kasus positif Covid-19 malah menjadi juara. “Saya tidak ingin Gresik malah menjadi juara tertinggi kasus penyebaran Covid-19. Adanya kampung tangguh serta pengemudi tangguh Semeru ini. Angka penyebarannya optimis bisa ditekan,” ungkapnya.

M.Faisol (48) salah satu pengemudi ojek online asal Kebomas, Gresik mengaku tidak menyangka mendapat bantuan sembako dan masker. “Saya dan teman-teman berterima kasih ojek online kembali beroperasi lagi meski wajib memakai pembatas untuk turut serta menekan penyebaran virus Covid-19,” tandasnya.

Continue Reading

Nasional

Tambah 1.447, Total 62.142 Kasus Covid-19 di Indonesia

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto kembali memperbarui data terkait Covid-19 di Indonesia.

Menurut Yuri, masih terjadi penularan virus corona yang menyebabkan kasus Covid-19 terus bertambah hingga hari ini, Sabtu (04/07).

Berdasarkan data yang masuk hingga pukul 12.00 WIB hari ini, terdapat 1.447 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan kini ada 62.142 kasus Covid-19 di Indonesia, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

“Kami mendapatkan kasus konfirmasi positif sebanyak 1.447 orang, sehingga total kasus positif sebanyak 62.142 orang,” ujar Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Sabtu (04/07).

Sudah ada 453 kabupaten/kota di 34 provinsi yang terdampak Covid-19. Adapun hingga saat ini, total ada 894.428 spesimen yang sudah diperiksa. (IG)

Yuri juga menyampaikan kabar duka karena ada tambahan 53 pasien meninggal dunia dalam 24 jam terakhir. Sehingga total jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia menjadi 3089 orang.

Sementara kasus baru Covid-19 bertambah sebanyak 1447 kasus dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 62.142 kasus.  (IG).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC