Connect with us

Nasional

Bangunan Candi ditemukan di Kota Batu

Tayang

,

Channel9.id-Kota Batu. Situs Pendem yang ditemukan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu akhirnya sudah bisa dipastikan sebagai sebuah bangunan candi.

Kepastian itu didapat setelah Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kembali melakukan penggalian di situs Pendem akhir pekan ini.

Penggalian tim BPCB yang berlangsung selama sepekan ini adalah kali ketiga. Arkeolog BPCB Wicaksono Dwi Nugroho sempat gelisah karena hingga Sabtu siang belum diketahui pasti bangunan apa yang sebenarnya terpendam di Dusun Pendem, Desa Pendem, Kota Batu itu.

Pekerja terus melakukan penggalian. Penggali menemukan Sumuran yang berada tepat di tengah-tengah bangunan. Mengetahui hal itu, Wicaksono bisa bernapas lega.

Dengan temuan Sumuran itu, ia memastikan bahwa bangunan yang selama ini digali adalah candi.

“Bahwa situs pendem imi sudah dipastikan bangunan candi. Awalnya bisa saja kami kira seperti pendopo,” ujar Wicaksono.

Wicaksono menjelaskan, Sumuran selalu berada di candi. Fungsinya adalah sebagai penghubung energi dunia bawah tanah. Jika di dunia atas tanah, disalurkan melalui lubang atap. Wicaksono juga menegaskan kalau kondisi bagian atas candi sudah tidak bisa ditemukan. Hanya bagian bawah candi saja yang dapat ditemukan.

“Di tengah bilik candi ada yoni atau arca. Unsur bawah dan atas bertemu di situ yang kemudian seolah menghidupkan arca itu,” kata Wicaksono

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Wali Kota Tegal Buka Blokade Jalan

Published

on

By

Channel.id-Tegal.  Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, akhirnya membuka blokade jalan yang sebelum dilakukan dengan alasan karantina kewilayahan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Kamis malam lima jalan yang sebelumnya diblokade dengan beton sudah disingkirkan.  Mobil derek dari Dinas Perhubungan Kota Tegal telah mengangkat beton yang menghalangi akses masuk ke kota Tegal.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal, Hervyanto membenarkan pembukaan kembali akses jalan yang sempat membuat kota Tegal tertutup itu memang atas perintah Wali Kota Tegal.  Untuk membuka akses jalan tersebut, Dinas PUPR dan Perhubungan Kota Tegal dibantu oleh Satlantas Polresta Tegal.

Ada lima ruas jalan yang diblokade sebelumnya yakni Jalan Proklamasi depan Kantor Dinas Kesehatan Kota Tegal, Jalan Sultan Agung depan RSUD Kardinah, Jalan Teuku Umar yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tegal, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Kelima akses jalan yang dibuka ini memang jalur vital, karena menghubungkan kota Tegal dengan Kabupaten Tegal, jalan menuju Brebes maupun menuju Pemalang. Padahal jalan inilah akses distribusi, perdagangan seperti sayur mayur dari Kabupaten Tegal, Brebes dan Pemalang berlangsung.

Selama ini, penutupan akses jalan itu banyak dikritik warga Tegal yang merasa resah karena ada halangan.  Di Media Sosial, kelompok SLKT menyebutkan, “Bisa tidur nyenyak karena jalan sudah dibuka”.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, pada Kamis (4/3/20) di Jakarta mengatakan sudah menegur para kepala daerah yang menutup akses jalan dan menyebabkan terhambatnya jalur logistik terutama bahan makanan.

Wakil Walikota Tegal Jumadi, dalam pesan pendeknya membenarkan ada pembukaan lima akses.  “Dari lima puluh akses kita buka 5 akses jalan. Ya masih tutup hanya akses ke kota Tegal ditambah,” katanya singkat.

Menurut Jumadi, untuk memantau pergerakan orang guna mencegah penyebaran virus corona, sudah dibuat posko pemantauan di Jalan Sultan Agung Kota Tegal.

Continue Reading

Nasional

Jokowi: Ketersediaan Bahan Pokok Perlu Dijaga, Distribusinya Jangan Sampai Terganggu

Published

on

By

Channel9.id Jakarta. Presiden Jokowi meminta ketersediaan bahan pokok perlu dijaga menjelang bulan Ramadan. Menjaga ketersediaan bahan pokok harus dilakukan sejak dini.

Hal ini diungkapkan Jokowi, dalam rapat bersama jajaran melalui telekonferensi pada Kamis (2/4).

“Ketersediaan bahan-bahan pokok, ini betul-betul harus dicek di lapangan. Saya sudah cek juga ke Bulog, saya cek ke daerah-daerah mengenai panen raya seperti apa, saya melihat beras, daging, telur, gula, terigu, dan lain-lainnya masih berada pada kondisi baik,” ujarnya dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengingatkan, terjangkaunya harga bahan pokok juga harus dipastikan. Jokowi menyebut, Menteri Pertanian dan Perdagangan telah menyampaikan sejumlah komoditas pertanian di pasaran akan berangsur menuju harga normal.

“Tadi Menteri Pertanian sudah menyampaikan bahwa minggu-minggu depan, mungkin harga (gula) akan turun pada posisi normal lagi di Rp12.500. Menteri Perdagangan juga menyampaikan kepada saya bawang juga beberapa sudah masuk dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini sudah kembali ke normal (dengan) harga di Rp20.000 sampai Rp30.000,” tuturnya.

Ia pun meminta kepada Menteri Dalam Negeri, untuk memastikan distribusi logistik daerah-daerah tidak terhambat karena penutupan akses di sejumlah wilayah. Dalam hal ini, Jokowi menginstruksikan Menteri untuk memberi teguran kepada daerah.

“Saya kemarin mendapatkan laporan dari dua daerah. Urusan beras ini agak terganggu karena (terdapat) jalan-jalan yang ditutup. Jadi tolong kepala daerah diberitahu mengenai ini,” kata Presiden.

Selain itu, Jokowi meminta, sejumlah jaring pengaman sosial atau bantuan bagi masyarakat utamanya yang berada di lapisan bawah, segera diimplementasikan sesegera mungkin di lapangan.

Ia berharap, sejumlah bantuan itu dapat menjaga daya beli masyarakat di saat menjalani ibadah Ramadan dan di tengah kebijakan tanggap darurat Covid-19.

Presiden juga mengajak tokoh-tokoh agama dan organisasi masyarakat untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait disiplin menjaga jarak aman sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Pentingnya cuci tangan yang benar serta berdiam di rumah dalam rangka karantina mandiri juga harus dapat dipahami oleh masyarakat.

“Ini perlu terus disampaikan dalam rangka menjalankan protokol kesehatan secara ketat baik di rumah maupun di luar rumah secara disiplin,” tandasnya.

(Hendrik)

Continue Reading

Nasional

Menku Serahkan Perppu Penanganan Pandemi Covid-19 ke DPR

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan Surat Presiden bersama Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 kepada DPR.

“Saya membawakan bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai dua menteri yang mewakili pemerintah di dalam penyerahan dan pembahasan Perppu Nomor 1 tahun 2020,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/4).

Perppu itu telah diteken presiden sebagai landasan hukum di tengah situasi yang genting akibat pandemi corona.

Di dalamnya, terdapat berbagai pengaturan mengenai keuangan negara dan kebijakan terbaru lainnya guna menjaga stabilitas keuangan.

Ia pun berharap Perppu tersebut tak disalahgunakan. Pemerintah akan bekerjasama dengan kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam mengawasi pelaksanaan Perppu. Ia pula menyampaikan pesan presiden agar Perppu bisa segera dibahas DPR.

“Sehingga bisa disetujui dalam waktu tak terlalu lama,” tutupnya. Ketua DPR Puan Maharani menyambut baik langkah pemerintah dalam bertindak cepat mengatasi dampak virus corona. “Saya yakin bahwa gotong-royong di saat situasi seperti ini akan membawa manfaat bagi rakyat Indonesia,” kata Puan.

Meski begitu, ia mengingatkan agar pemerintah bisa bijak dalam melaksanakan Perppu.

“Termasuk pada pelebaran defisit yang hanya digunakan apabila situasinya sangat urgent,” ucap dia.

(virdika rizky utama)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC