Nasional

Awas Hoaks! Mendagri Tak Pernah Buat Pernyataan “Virus Korona Tidak Mematikan”

Channel9.id-Jakarta. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) menegaskan bahwa Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., tak pernah mengeluarkan pernyataan terkait “Virus Korona Tidak Mematikan”. Hal ini ditegaskan Kapuspen Kemendagri Bahtiar di Jakarta, Jum’at (27/03).

“Jangan salah dan jangan dipelintir, beliau tidak pernah mengatakan Virus Korona tidak mematikan. Yang beliau sampaikan adalah agar masyarakat tidak panik, karena riset dan data menunjukkan sebagian besar bisa sembuh dengan sistem kekebalan tumbuh,” tegas Bahtiar.

Menurutnya, pernyataan tersebut digunakan untuk meredam kepanikan di tengah masyarakat. Sebab, dalam keadaan panik, dikhawatirkan masyarakat akan melakukan hal-hal yang irasional dan menyebabkan sistem imun menurun.

“Intinya dalam berbagai kesempatan, beliau meminta masyarakat tidak panik, yang penting jaga imunitas tubuh, olahraga ringan di rumah, berjemur, makan makanan yang sehat dan bergizi, cuci tangan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” kata Bahtiar.

Bahtiar juga mengingatkan masyarakat agar tidak mudah mempercayai informasi yang belum jelas kebenarannya, termasuk berita hoaks. Dalam situasi seperti ini, banjir informasi menyebabkan masyarakat diterpa berbagai informasi, termasuk hoaks, sehingga masyarakat perlu cermat untuk memilah dan mengonsumsi informasi yang beredar agar tidak terjebak informasi menyesatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

52  +    =  53