Connect with us

Hot Topic

Bareskrim Polri Ungkap Penangkapan Kasus 821 Kg Narkoba Antarnegara di Kota Serang

Tayang

,

Channel9.id – Jakarta. Bareskrim Polri menangkap bandar narkoba jaringan internasional di Kota Serang.

Adapun 821 kg narkoba jenis sabu diamankan polisi di sebuah Ruko di Jl. Takari, Kec. Tatakan, Kota Serang, Banten.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyatakan, pelaku yang diamankan berinisial BA dari Pakistan dan AS dari Yaman.

“Di pengujung bulan puasa ini kita dari Satgas khusus Bareskrim Mabes Polri melakukan pengungkapan jaringan narkoba internasional, yaitu dari Timur Tengah, yang dimana tadi malam anggota Satgas Khusus berhasil menangkap tersangka sekitar setengah 7 malam di Kota Serang,” katanya. Sabtu, (23/05).

“Adapun pelaku yang saat ini sudah kita amankan inisial saudara BA dari Pakistan dan saudara AS dari Yaman”, lanjutnya.

Listyo menjelaskan, penangkapan tersebut diawali oleh penyelidikan selama hampir 4 bulan.

“Sejak Desember 2019, Anggota satgas berhasil mengamankan kapal, dan memeriksa ABK dan mereka positif, namun pada saat itu narkoba yang kita cari tidak ditemukan”, katanya.

“Kemudian kita lanjutkan pada bulan Januari 2020, akhirnya kita berhasil mengungkap 288 kg sabu dengan mengamankan tiga tersangka, Tim terus bergerak dan mendapatkan informasi bahwa terkait dengan kelompok Timur Tengah atau kelompok Iran ini bersiap-siap akan melakukan transaksi lagi sehingga dilakukan pengintaian dan akhirnya kita mendapati target yang tinggal di wilayah Jakarta,” lanjutnya.

Listyo menambahkan, tersangka mencoba menyamarkan dengan mencampurkan sabu-sabu tersebut dengan buah asam Kuranji untuk disamarkan.

Tersangka dijerat dengan pasal 132 Subsider pasal 114 dan pasal 112 undang-undang RI no 35 tahun 2009 tentang Narkoba dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup atau hukuman mati.

(Hendrik)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

GP Ansor Jatim Sokong Empat Poin Penting Kebijakan Kampung Tangguh Covid-19

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Pengurus Wilayah GP Ansor Jatim siap menyokong empat poin penting dalam kebijakan Kampung Tangguh Covid-19. Empat poin tersebut yakni, tangguh di bidang ekonomi, psikologis, keamanan, dan kesehatan.

Diketahui, Kampung Tangguh Covid-19 di Jatim diinisiasi oleh Polda Jatim, TNI, pemrov, dan masyarakat guna memperkuat ketahanan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Sekretaris Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Timur Ghufron Siradj alias Gus Ghufron menyatakan, kader-kader GP Ansor siap membantu mendukung hal tersebut dengan tetap mengikuti standar yang sudah ditentukan.

“Hampir semua kader Ansor dan Sarkorwil akan terlibat sendiri dalam pembangunan Kampung Tangguh covid-19 sesuai standar yang telah ditentukan oleh pemda, kepolisian dan TNI. Para kader Ansor di bawah semua mengikuti standar itu,” kata Gus Ghufron, Sabtu (30/5).

Terkait tangguh Ekonomi, Gus Ghufron menyatakan, program pembangunan lumbung pangan perlu diperkuat guna menjaga ketahanan pangan.

Dalam hal ini, kader GP Ansor mendorong pangan dihimpun dan dikumpulkan secara bergotong royong dari masyarakat atau mengumpulkan sumbangan dari donatur.

“Misalnya di Kabupaten Lumajang, kebetulan Bupatinya Cak Thoriq sekaligus Kasat Korcab Banser. Ia menyisipkan kebutuhan pangan dengan membeli langsung padi dari para petani untuk mengisi lumbung pangan. Hal serupa dilakukan oleh Gus Irsyad, Satkorwil Kabupaten Pasuruan,” kata Gus Ghufron.

Di bidang keamanan, Gus Ghufron menyatakan, kader Ansor mendukung penuh tindakan Kepolisian.

“Kita mensupport kepolisiaan di bidang keamanan,” katanya.

Sementara itu di bidang Psikologi, GP Ansor menerjunkan Rijalul Anshor (kiai-kiai muda) untuk mendampingi masyarakat dan memberikan bimbingan psikologis.

“Di samping Ansor juga mengoptimalkan majelis-majelis dzikir untuk memberikan ketenangan jiwa masyarakat. Kader-kader yang terjun di Kampung Tangguh mendapat pelatihan dari kepolisian, dinas kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” ujarnya.

Kemudian, di bidang kesehatan, Ansor dari awal ikut mengedukasi masyarakat tentang penggunaan masker, hand sanitizer, dan cuci tangan dengan sabun.

“Di samping Ansor mencarikan donatur untuk penyiapan kebutuhan umum, untuk menyiapan alat kesehatan, dan penyaluran bantuan sosial. Ansor ikut mencocokan data para penerima bansos, agar tepat sasaran,” pungkasnya.

(Hendrik)

Continue Reading

Hot Topic

102 Daerah Belum Terdampak Covid-19

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan sebanyak 102 kabupaten/kota di Indonesia belum terdampak Covid-19. “Terutama yang berwarna hijau di seluruh Indonesia. Cukup banyak,” kata dia, Sabtu, 30 Mei 2020.

Wiku menyebutkan terdapat sebanyak 85 kabupaten/kota yang memiliki risiko tinggi atau berwarna merah. Sebanyak 180 kabupaten/kota dengan risiko sedang atau berwarna oranye dan 139 kabupaten/kota dengan risiko rendah atau kuning.

Dia menambahkan untuk meningkatkan ketahanan kesehatan bangsa, maka perlu meningkatkan kesehatan masyarakat. Saat ini yang terjadi adalah darurat kesehatan masyarakat. “Karena penularan virus ini dengan droplet, maka dipastikan harus menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Perilaku ini harus dilakukan secara disiplin baik oleh individu maupun secara kolektif,” terang dia.

Jika perilaku itu dilakukan mulai dari tingkat keluarga, RT, RW, daerah, hingga nasional. Jika sudah mencapai 70 persen maka akan menyulitkan virus itu untuk berkembang. Untuk memudahkan semua masyarakat mengingat apa yang harus dilakukan, maka perlu adanya upaya mengubah perilaku dengan gerakan.

Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, mengatakan jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona di Indonesia bertambah 557 kasus menjadi 25.773 kasus per Sabtu, 30 Mei 2020. Sedangkan jumlah pasien yang sembuh bertambah 523 orang menjadi 7.015 orang dan 1.573 meninggal.

Continue Reading

Hot Topic

Proyek Pesawat R80 dan N245 diganti Drone

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Pemerintah menghapus dua proyek pengembangan pesawat, yakni R80 dan N245, dari daftar proyek strategis nasional (PSN) dan menggantinya dengan pengembangan tiga proyek pesawat nirawak (drone). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menambahkan tiga proyek pengembangan pesawat nirawak dalam PSN 2020-2024. “Tiga proyek terkait pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245,” ujarnya, Jumat,29 Mei 2020.

Menurut Airlangga, pengembangan pesawat nirawak lebih ideal dilakukan dalam kondisi saat ini. Karena itu, Pemerintah mendahulukan pengembangan proyek pesawat nirawak di tengah pandemi Covid-19 dibanding R80 dan N245. Proyek pesawat nirawak ini, juga sedang dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

“Dialihkan menjadi teknologi drone yang dianggap lebih cocok dengan situasi saat sekarang dan pengembangannya sudah dimulai oleh PT DI,” kata Airlangga.

Secara keseluruhan, Pemerintah merekomendasikan sebanyak 89 PSN baru senilai Rp1.422 triliun, termasuk tiga proyek pesawat nirawak.

Sebanyak 89 PSN yang menjadi rekomendasi, 56 proyek di antaranya adalah usulan baru. Sedangkan 10 proyek merupakan proyek perluasan dari PSN sebelumnya, 15 proyek dikelompokkan sebagai program pemerintah baru, dan 8 proyek masuk dalam sektor ketenagalistrikan. “Dari 245 proyek baru (yang diusulkan), hanya 89 proyek yang memenuhi kriteria,”ujar Airlangga.

Dengan demikian, kata dia, 156 proyek belum direkomendasikan. “Karena masih butuh dukungan kementerian teknis dan perlu memenuhi kriteria sebagai PSN,” ujar Airlangga.

Proyek pengembangan pesawat R80 yang sempat masuk dalam PSN ini dikerjakan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). Sedangkan proyek pesawat N245 digarap oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC