Channel9.id-Jakarta. Apple menjadi merek dengan nilai tertinggi di dunia pada 2022, menurut laporan Brand Directory.
Menurut Brand Directory, Apple memiliki valuasi senilai USD 355,1 miliar. Perlu diingat, angka ini berdasarkan sebuah laporan mandiri dan tak mewakili kapitalisasi pasar pembuat iPhone.
Baca juga: Kembangkan Headset Mixed Reality, Apple Tolak Gagasan Metaverse
Melihat daftar 10 teratas, ada pula merek terkenal lainnya seperti Amazon, Google, Microsoft, dan Walmart, yang masing-masing menempati 5 tempat teratas. Di sisi lain Samsung, Facebook, ICBC, Huawei, dan Verizon masuk dalam daftar 10 besar.
Laporan tersebut menambahkan bahwa penilaian merek Apple naik 35%, dan membuat merek ini mencapai penilaian tertinggi yang pernah dicatat oleh Brand Directory. Angka ini melesat jika dibandingkan tahun sebelumnya.
“Apple memiliki bintang di tahun 2021, disorot oleh pencapaiannya pada awal 2022, menjadi perusahaan pertama yang mencapai penilaian pasar USD 3 triliun. Keberhasilan raksasa teknologi secara historis terletak pada mengasah posisi merek intinya, tetapi pertumbuhannya yang lebih baru dapat dikaitkan dengan pengakuan perusahaan bahwa mereknya dapat diterapkan secara efektif ke berbagai layanan yang jauh lebih luas,” tulis laporan Brand Directory tersebut.
Selain itu, Brand Directory juga mencatat merek lain yang pertumbuhannya paling cepat yaitu TikTok. Anak usaha ByteDance ini berhasil menaikkan nilai mereknya tiga kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.
“Dengan pertumbuhan 215% yang mencengangkan, nilai merek aplikasi hiburan telah meningkat dari USD 18,7 miliar pada tahun 2021 menjadi USD 59,0 miliar tahun ini,” tulis Brand Directory. “Mengklaim posisi ke-18 di antara 500 merek paling berharga di dunia, ini adalah pendatang baru tertinggi dalam peringkat Brand Finance Global 500 2022.”
(LH)