Lifestyle & Sport

Belanja Internet Meningkat Selama Pandemi

Channel9.id-Jakarta. Penggunaan internet di masa pandemi Covid-19 melonjak. Hal ini tentu berbarengan dengan meningkatnya pengeluaran untuk belanja internet.

Melansir Antara pada Minggu (12/7), berdasarkan hasil riset Alvara Research Center, pengeluaran belanja masyarakat untuk kebutuhan internet tahun ini sebesar 8,1%. Sementara, tahun lalu sebesar 6,1%

Pendiri lembaga tersebut, Hasanuddin Ali, menyebutkan bahwa kebijakan pemerintah untuk bekerja dan sekolah dari rumah berdampak pada peningkatan belanja internet masyarakat.

“Konsumsi internet kita naik. Orang yang menggunakan internet di atas 7 jam ada 48,7%. Baik untuk kebutuhan mengunduh, belanja online, ini menjadikan tingkat pengeluaran internet tinggi,” terang Ali di diskusi daring.

Adapun belanja internet itu diperuntukkan bertukar pesan (86,5%), berselancar di dunia maya (80,5%), mengakses jejaring sosial (70,3%), streaming video (55,0%), mengirim email (53,8%) dan mengunduh (53,5%).

Sementara lainnya untuk belanja online (44,6%), pembayaran online (40,4%), internet banking (33,7%), telepon internet (32,3%), mendengar musik (29,9%), transportasi online (29,4%), game online, belajar online (28,6%), video conference (25,3%), e-book/e-reader (16,0%) dan lainnya (3,0%).

Ali melanjutkan, pengguna internet terbanyak di masa ini ialah generasi Z. Kemudian disusul generasi X, lalu generasi milenial atau generasi Y, dan terakhir generasi baby boomers.

Ia menambahkan bahwa puncak aktivitas internet di Indonesia pada malam hari. “Prime time-nya jam 8 malam,” imbuhnya.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  26  =  28