Channel9.id-Jakarta. Munculnya bisnis kreatif baru berupa event organizer (EO) bagi acara-acara virtual, mendapat perhatian dan dukungan positif Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.
Tito menyatakan, jasa EO Virtual yang belakangan ini banyak dipakai kalangan bisnis, dapat diterapkan pada penyelenggaraan kampanye Pilkada.
“EO virtual dapat menjadi salah satu solusi Pilkada untuk menjangkau lebih banyak calon pemilih ,”ujar Tito dalam rilisnya, Senin (24/08).
Menurutnya, selain aman dari COVID-19, juga menggerakkan kegiatan ekonomi digital berbasis kreativitas yang banyak digeluti anak-anak muda.
“EO bisa mendisain even kampaye tatap muka yang diikuti peserta 50 orang, namun kemudian dikoneksikan dengan jaringan medsos secara virtual lewat live streaming online dan channel digital lainnya. Sehingga bisa diikuti audiens yang lebih banyak, hingga menjangkau ratusan bahkan ribuan orang,” kata Tito.
Tito menyatakan, dukungannya terhadap penggunaan jasa EO virtual juga didasarkan pada potensi bisnis ini untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya anak-anak muda, di tengah tekanan Pandemi COVID-19.
Lebih lanjut Tito menjelaskan, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) disyaratkan bahwa kampanye wajib mengikuti protokol kesehatan, antara lain dengan pembatasan peserta rapat umum tatap muka langsung 50 orang.
“Pilkada adalah momentum untuk memutus rantai penularan COVID-19 bila dilaksanakan secara maksimal dengan protokol kesehatan dan optimalisasi potensi digital yang saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan setiap individu masyarakat,”lanjutnya.
Tito pun berharap, para kandidat Pilkada memanfaatkan terobosan teknologi digital ini dalam mengkomunikasikan materi kampanye masing-masing.