Channel9.id – Jakarta. Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Kinarya menggelar perhelatan Muslim Fashin Festival (MUFFEST) untuk ketujuh kalinya. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu, MUFFEST tahun ini menambahkan simbol ‘+’ di logonya sehingga disebut MUFFEST+ 2022.
MUFFEST+ 2022 akan diselenggarakan 21-23 April 2022 di Grand Ballroom The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta.
Vice Chairman of Indonesian Fashion Chamber Lisa Fitria menyampaikan, penambahan itu sebagai simbol bahwa bahwa MUFFEST sudah menjadi bagian dari life style muslim fesyen di Indonesia.
“Di tahun ini, MUFFEST+ sudah menjadi bagian penting dari perkembangan busana muslim dan sudah menjadi life style. Busana muslim sudah menjadi tren tidak hanya pelaku industri fesyen tapi juga masyarakat Indonesia,” kata Lisa dalam konferensi pers, Rabu 13 April 2022.
Pertimbangannya, Indonesia memiliki potensi menjadi pusat mode busana muslim di seluruh dunia. Hal itu juga akan mempengaruhi perkembangan life style muslim fesyen. Sehingga, MUFFEST+ hadir untuk menjadi etalese yang bisa menaungi perkembangan itu.
“Dan di MUFFEST+ ini bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk meraih mimpi yang sudah hampir menjadi kenyataan. Secara tidak langsung, kita sudah menjadi sumber insipirasi bagi dunia,” ujar Lisa.
Tidak hanya itu, MUFFEST+ kali ini juga dilaksanakan di Grand Ballroom The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta. Tempat ini menunjukkan bahwa kegiatan tahun ini sudah naik kelas.
“Ini juga menunjukkan bahwa kita sudah mencapai tahap ini. Tempat ini kan tempat bintang lima, tempat prestise. Kita berharap bisa mengcapture semua sisi dan diharapkan imagenya jadi lebih baik,” ujar Lisa.
Lisa menambahkan, pihaknya juga konsisten mengusung konsep sustainable muslim fesyen. Pihaknya mengajak pelaku industri muslim fesyen serta masyarakat Indonesia untuk tetap bertanggungjawab dalam menjaga lingkungan.
“Selain itu, kita juga mengusung Gerakan Cinta Bangga Pada Produk Lokal, misalnya ada pada produk sarung. Gaya bersarung harus menjadi inspirasi dan menjadi pilihan dalam busana muslim,” ujar Lisa.
Dalam rangkaian acaranya, MUFFEST+ akan menghadirkan fashion show, seminar, talkshow, dan kegiatan lainnya.
Kegiatan ini akan menghadirkan 200 brand dalam pemaran dan 100 desainer dalam Fashion Show. Target tahun diikuti 40 ribu pengunjung dan target nilai transaksi mencapai 35 miliar.
Dihadirkan pula 8 spoken person Desainer dan Selebritas. Delapan orang itu yakni Nycta Gina,Irish Bella, Ria Miranda, Khanaan Sahmlan, Itang Yunasz, Dewi Sandra, Dinda Hauw, dan Dian Pelangi.
Desainer senior Itang Yunasz memberikan apresiasi digelarnya kembali MUFFEST+ tahun ini. Menurut Itang, MUFFEST tidak henti-hentinya memberikan sumbangsih yang besar bagi perkembangan dan kemajuan industri fesyen muslim Indonesia.
Itang yang sebelumnya pesimis, kini meyakini bahwa industri fesyen muslim Indonesia bisa tembus pasar global dengan melihat komitmen para penyelenggara MUFFEST.
“Di tahun lalu di situasi pandemi saja, mereka (panitia MUFFEST) terus melakukan ini secara virtual. Saya berharap MUFFEST ini akan memberikan manfaat dan masukan bagaimana orang-orang MUFFEST yang begitu banyak bisa memberikan informasi dan peluang kemajuan dunia fesyen muslim Indonesia,” kata Itang.
Desainer hijab lokal Khanaan Shamlan berharap MUFFEST tahun ini berjalan sukses. Menurutnya, MUFFEST+ bukan sekedar ajang transaksi, tapi ada juga kolaborasi dengan stakeholder dan memberikan edukasi kepada konsumen melalui konsep sustainable. “Sukses MUFFEST+ 2022,” pungkasnya.
Adapun official Make Up Partner ini yakni Wardah Beauty. Pembelian tiket MUFFEST+ 2022 bisa dilakukan melalui Blibi.com.
Acara ini juga disponsori oleh Life With BSI, Asia Pacific Rayon, dan PT GISTEX TEXTILE DIVISION.
Lalu, Kemendikbudristek, Kemendag, Bank Indonesia, Dinas PPKUKM, BBPVP Semarang Kemnaker, Dekranas Daerah NTB.
HY