Channel9.id – Tokyo. Booth Indonesia turut serta dalam pameran The 25th Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE) 2023. Indonesia menampilkan produk ikan, makanan olahan ikan, teknologi pengolahan dan pengemasan.
JISTE digelar di Tokyo Big Sight Odaiba, Tokyo pada 23-25 Agustus 2023. Perhalatan ini dianggap menjadi sarana promosi berbagai produk Indonesia. Pameran ini diperkirakan dikunjungi oleh 25.000 dari distributor, wholesaler, dan retailer dari Jepang dan negara lain.
Paviliun Indonesia merupakan kolaborasi kementerian perdagangan (Kemendag) RI dan perwakilan RI di Jepang. Deputy Chief of Mission KBRI Tokyo John Tjahjanto Boestomi meresmikan pavilion Indonesia pada Rabu (23/08/2023).
Tjahjanto menyebut bahwa Jepang merupakan pasar besar untuk produk perikanan Indonesia. “Pasar Jepang adalah pasar yang sangat besar dan potensial untuk produk perikanan dengan nilai impor mencapai USD 11,6 miliar,” tuturnya
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyebut bahwa partisipasi Indonesia dalam JISTE 2023 bertujuan untuk mendongkrak produk Indonesia.
“Partisipasi Kemendag pada pameran ini merupakan suatu upaya untuk menjaga nilai ekspor produk perikanan terutama ke pasar Jepang dan negara-negara di sekitar. Melalui pameran ini diharapkan Kemendag juga dapat menyasar peningkatan ekspor ke negara-negara di sekitarnya” ucapnya melalui pernyataan tertulis, Kamis (24/8/2023).
Kemendag melaporkan peningkatan satu persen ekspor produk periode Januari – Juni 2023 periklanan Indonesia dengan nilai 227 juta dollar Amerika. Pada tahun sebelumnya, nilai ekspor hanya mencapai 225.5 dolar Amerika. Untuk pasar Jepang pada 2022, tercatat nilai ekspor sebesar 519,1 dolar Amerika.
Beberapa produk ekspor Indonesia ke Jepang antara lain udang, ikan beku, tuna filet, kepiting, gurita, dan cumi-cumi.
Baca juga: RI Berpeluang Penetrasi Produk Perikanan Lewat Seafood Show Osaka 2022
BHR