Channel9.id-Tokyo. Paviliun Indonesia kembali hadir dalam Pameran Internasional Foodex Japan 2025 edisi ke-50 di Tokyo Big Sight, yang digelar pada 11-14 Maret 2025. Paviliun Indonesia menjadi tempat promosi ragam produk makanan dan minuman Indonesia yang berkualitas kepada pengunjung dan calon pembeli yang hadir.
“Partisipasi Indonesia pada pameran ini menjadi momentum yang penting dalam kegiatan promosi produk makanan dan minuman Indonesia di pasar Jepang dan International. Kegiatan ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha Indonesia untuk memperluas jejaring pemasaran serta mempelajari kebijakan keamanan pangan produk impor di Jepang,” ujar Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi saat peresmian Paviliun Indonesia di Foodex Japan 2025.
Menurutnya, Jepang selalu menjadi mitra dagang utama bagi Indonesia. Ekspor makanan dan minuman Indonesia ke Jepang mencapai puncaknya dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2024 nilai ekspor produk makanan dan minuman tercatat sebesar USD 853,41 juta dengan sektor perikanan mengambil sebagian besar pangsa ekspor tersebut.
“Kami optimis bahwa kehadiran di Foodex Japan akan semakin meningkatkan perdagangan bilateral dan kolaborasi bisnis. Dengan penerapan Kemitraan Ekonomi Indonesia Jepang (IJEPA) tahun ini, produk makanan dan minuman Indonesia dapat masuk ke Jepang dengan lebih bebas,” katanya.
”Paviliun ini tidak hanya menjadi ajang pamer keunggulan Indonesia, tetapi juga sebagai pusat jaringan bisnis, informasi pasar, dan peluang investasi. Melalui acara ini, kami berharap dapat membina kemitraan yang lebih kuat antara produsen Indonesia dengan pembeli, importir, dan distributor Jepang,” tambah Dubes Heri.
Penandatanganan Kesepakatan Dagang
Bersamaan dengan peresmian Paviliun Indonesia, dilakukan juga penandatanganan dua kesepakatan dagang atau sales contract antara pelaku usaha Indonesia dan buyer Jepang untuk produk snack dan minuman cokelat herbal senilai USD 391.000 atau setara Rp. 6,4 miliar. Selain itu dilakukan pula penandatangan empat Letter of Intent (LoI) untuk produk kecap manis, saus sambal, gula aren, teh artisanal, dan frozen dried fruit.
Paviliun Indonesia kali ini, memfasilitasi sebanyak 23 pelaku eksportir dan UMKM yang menghadirkan ragam produk makanan dan minuman olahan Indonesia seperti ubi manis dan sayuran beku, gluten-free snack, beras instan, kopi bubuk instan, aneka camilan dan snack, minuman herbal, teh artisanal, keripik tempe, bumbu masak, cokelat bubuk, rempah herbal dan frozen dried fruit.
Indonesia telah secara rutin berpartisipasi pada Pameran Foodex Japan, dan pada pelaksanaan di tahun ini, diikuti oleh lebih dari 3.500 peserta dari 70 negara di antaranya Amerika Serikat, Turki, Mesir, Australia, Belgia, Brazil, Spanyol, Thailand, Kosta Rika, Vietnam, dan Myanmar. Adapun pengunjung pameran diprediksi mencapai lebih dari 75 ribu orang.
Baca juga: Dubes Heri Akhmadi Dukung 431 Pelari di Pocari Sweat Tokyo Marathon 2025