Channel9.id-Jakarta. Facebook akan merilis fitur podcast-nya pada 22 Juni mendatang. Dengan begitu, pengguna bisa membuat klip dari acara favorit mereka.
Dilansir dari The Verge, host bisa menautkan umpan RSS acara mereka ke Facebook, yang kemudian secara otomatis akan mengunggah semua episode ke depannya di News Feed atau Umpan Berita.
Seluruh episode itu akan muncul di tab “podcast”—yang saat ini belum ada. Namun, perusahaan sejatinya telah memberi bocoran pada Apri lalu terkait rencana kehadiran fitur audio di platformnya.
Baca juga: Facebook Kembangkan Metode untuk Melacak Deep Fake dan Sumbernya
Adapun kehadiran podcast pada Juni ini dilaporkan pertama kali oleh Podnews. Facebook telah mengonfirmasi bahwa untuk permulaan, nantinya hanya sejumlah pemilik halaman yang bisa mengaksesnya. Namun, tampaknya perusahaan masih terus-terusan memberi informasi melalui email kepada para pemilik halaman, sehingga ada kemungkinan peluncuran ini akan lebih luas dari perkiraan awal.
“Facebook akan menjadi tempat di mana orang bisa menikmati, berdiskusi, dan berbagi podcast yang mereka sukai satu sama lain,” tulis perusahaan, dikutip dari The Verge, Jumat (18/6).
Podcaster yang mempublikasikan produknya di platfrom harus memenuhi persyaratan layanan podcast di Facebook. Ini merupakan perjanjian yang relatif standar, namun belum jelas batasan terkait yang bisa dilakukan Facebook terhadap podcast yang didistribusikan di platformnya. Misalnya, memberi hak kepada Facebook untuk membuat karya turunan—yang mungkin diperlukan untuk mendistribusikan podcast dalam format tertentu, pun bisa juga bisa memperingatkan podcaster yang melindungi IP mereka.
Dengan hadirnya opsi untuk mendistribusikan podcast melalui Facebook, podcaster bisa memutuskan apakah akan mengaktifkan klip, yang menurut perusahaan bisa dibuat oleh pendengar dan berdurasi hingga satu menit. Adapun cara ini dinilai bisa membantu meningkatkan visibilitas dan keterlibatan pendengar podcast. Pun kemungkinan podcast akan mudah dibagikan di luar halaman podcaster. Sekadar gambaran, klip pendek menjadi cara utama bagi streamer Twitch untuk berbagi momen tertentu dari streaming panjang mereka, dan Facebook tampaknya mengharapkan hal yang sama pada podcast.
Sebagai infromasi, pembaruan itu datang saat perusahaan ingin menghadirkan audio di platformnya. Mark Zuckerberg menjadi host pertama Live Audio Room di Amerika Serikat, belum lama ini. Pada April lalu, perusahaan juga mengumumkan rencana untuk mengahdirkan fitur audio yang disebut Soundbites, yang akan ditayangkan di News Feed. Ide di balik Soundbites adalah memberi pengguna “studio suara bagi Anda” dan memungkinkan mereka membuat klip pendek yang bisa dibagikan.
Dengan podcast, Facebook tampaknya memanfaatkan situasi di mana podcaster menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan podcast mereka. Adapun Facebook ingin memungkinkan pengguna memublikasikan podcast langsung ke platform dan memudahkan mereka untuk promosi, sekaligus membuat pengguna betah dan tak meninggalkan Facebook.
(LH)