Channel9.id-Jakarta. Google memperkenalkan cara baru bagi penggunanya untuk menyesuaikan pengalaman di Search atau Penelusuran. Hal ini disampaikan perusahaan pada konferensi pengembang Google I/O 2022, yang digelar Selasa (11/5/22) lalu.
Google akan menghadirkan fitur baru bernama My Ad Center. Hadir di akhir 2022, fitur ini akan memberi pengguna cara yang lebih baik untuk melihat jenis iklan yang ingin mereka lihat saat menggunakan Google Search, YouTube, dan platform lainnya.
Baca juga: Google Kini Izinkan Pengguna Hapus Informasi Pribadi
Saat memasuki fitur My Ad Center, pengguna bisa memberi tahu Google iklan mana yang paling ingin dilihat, seperti iklan film, kebugaran, atau makanan. Pengguna juga bisa menyesuaikan pengalaman iklan hingga melihat brand yang lebih spesifik.
Google sendiri sebetulnya sudah memiliki fitur di mana pengguna bisa mengatakan “Saya tidak ingin melihat jenis iklan ini.” Namun, tampaknya fitur ini tak berfungsi sebagaimana seharusnya. Kiranya, My Ad Center bisa melengkapi kekurangan yang ada.
Dilansir dari Android Authority, dalam kesempatan lain, Google memberi pengguna cara yang lebih baik untuk menyembunyikan informasi pribadi dalam pencarian. Opsi ini sudah tersedia, dan memungkinkan pengguna untuk meminta penghapusan informasi seperti nomor telepon, alamat email, dan bahkan alamat rumah dari hasil pencarian.
Namun demikian, Google tak akan menghapus informasi itu jika informasi ada di sumber resmi, seperti situs pemerintah. Selain itu, Google juga baru saja ini menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna berusia di bawah 18 tahun untuk meminta penghapusan gambar diri mereka sendiri di Google Search.
(LH)