Channel9.id-Jakarta. Google mengumumkan pihaknya memperbarui bagaimana menampilkan ulasan produk di hasil pencarian. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa ulasan yang dilihat pengguna berkualitas tinggi dan benar-benar bermanfaat, sehingga pengguna mungkin mempertimbangkan akan membelinya.
“Pembaruan ini menyusul pembaruan sebelumnya yang ingin memastikan bahwa ulasan produk di penelusuran memenuhi kriteria tertentu,” ujar Perry Liu dari Google, dikutip dari The Verge.
Baca juga: Google Android Bisa Hapus Riwayat Pencarian di 15 Menit Terakhir Secara Otomatis
Liu memaparkan kriteria yang disorot oleh Google, antara lain:
1. Menyertakan detail mendalam yang bermanfaat, seperti manfaat atau kekurangan item tertentu, spesifikasi tentang kinerja suatu produk, atau perbedaan produk dari versi sebelumnya;
2. Testimoni dari orang-orang yang pernah benar-benar menggunakan produk tersebut, dan tunjukkan seperti apa produk tersebut secara fisik atau bagaimana cara menggunakannya;
3. Menyertakan informasi unik — seperti visual, audio, atau tautan ke konten lain yang merinci pengalaman pengulas
4. Menampilkan perbandingan produk yang serupa, atau menjelaskan apa yang membedakan produk dari pesaingnya
Lebih lanjut, Google mengatakan bahwa pembaruan itu akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan dan akan memengaruhi peringkat ulasan produk berbahasa Inggris di berbagai situs. Ke depannya, perusahaan akan mendukung ulasan produk untuk lebih banyak bahasa.
(LH)