Channel9.id-Jakarta. Pemerintah Indonesia mendukung industri game dalam negeri dengan menggelar Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021. Melalui acara ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate berharap industri game nasional bisa menguasai pasar dalam dan luar negeri.
IGDX 2021 sendiri terdiri dari empat kegiatan utama yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Masing-masing akan melibatkan banyak pelaku industri game, baik dari dalam maupun luar negeri.
“Saya berharap, ini (IGDX) bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para game developer lokal kita untuk mencari informasi, ilmu, dan pengetahuan, jejaring baru,” pungkas Johnny, belum lama ini.
Ia memaparkan bahwa saat ini Indonesia menjadi pasar industri game terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ke-17 di dunia, dengan 52 juta penduduknya merupakan gamer. Namun, di 2020, baru 0,4% industri lokal yang berkiprah di pasar game.
“Kita ingin melihat para pelaku industri game dalam negeri bisa menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk game yang bisa bersaing dengan game developer global, dan membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar, tapi juga pemain penting dalam tatanan industri game dalam negeri maupun luar negeri,” tutur Johnny melalui keterangan tertulis, belum lama ini.
Ia mendorong agar pelaku-pelaku industri game di Indonesia bisa meningkatkan kapasitas perusahaan dan pendanaan.
“Saya berharap teman-teman bisa mendapat pendanaan untuk membuat game yang lebih berkualitas, juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki,” katanya.
Lebih lanjut, Johnny juga berharap IGDX bisa menjadi penghubung bagi talenta Indonesia di bidang game agar bisa menemukan tempat untuk mengembangkan diri, sekaligus membangun ekosistem game dalam negeri.
“Saya akan terus mendorong dan mengawasi agar program ini bisa terlaksana dengan sebagaimana seharusnya, dan terselenggara sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditetapkan,” tambahnya.
Sebagai informasi, dalam pelaksanaan iGDX, Kominfo melibatkan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Acara ini dimulai sejak Sabtu, 20 November 2021 dan digelar secara virtual. Ada 40 peserta pameran yang mengikuti acara ini, untuk menyajikan produk game lokal. Sepuluh di antaranya merupakan partner dari universitas dan perusahaan game luar negeri.
(LH)