Instagram Bakal Hapus Tab “Shop” dari “Home Screen”
Techno

Instagram Bakal Hapus Tab “Shop” dari “Home Screen”

Channel9.id-Jakarta. Meta tampaknya mau menyingkirkan tab “Shop” di Instagram. Baru-baru ini, Instagram menguji coba agar tab “Shop” disingkirkan dari “Home Screen”, lapor TechCrunch (28/9). Sebagai gantinya, kemampuan untuk melihat etalase toko online itu akan ditaruh di bawah “Setting”. Sebeumnya, tab “Shop” ini ada di bilah navigasi bawah.

Sejumlah pengguna melaporkan perubahan tersebut. Mereka mencatat bahwa tab “Shop” digantikan oleh tab “Notification”. Namun, TechCrunch melihat bahwa tab “Shop” digantikan oleh tab “Messages” telah menggantikannya, menunjukkan mungkin ada beberapa tes yang sedang berlangsung.

Juru bicara Meta mengatakan bahwa perusahaan sedang memperbarui Instagram. “Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menyederhanakan pengalaman Instagram, kami menguji beberapa perubahan pada bilah navigasi utama di bagian bawah aplikasi dengan sekelompok orang,” jelasnya.

Diketahui, fitur Instagram telah menjadi sumber pendapatan bagi pebisnis online. Instagram meluncurkan “Shop” pada 2020 lalu, dan ini juga memberi lebih banyak opsi bagi konsumen untuk membeli produk di platform. Tab “Shop” kemudian dipindahkan ke “Home Screen” pada akhir tahun itu. Pembaruan ini membantu kreator konten dan bisnis kecil mempromosikan barang dagangan mereka dengan lebih mudah. Kemudian di 2021, Instagram memperkenalkan iklan di tab “Shop”.

Adapun menghapus tab “Shop” dari bilah navigasi utama bisa merugikan beberapa toko online yang menggunakan “Shop” Instagram sebagai sumber pendapatan. Meski tak sepenuhnya dihapus dari platform, jauh lebih sulit untuk menemukannya. Namun, Instagram punya opsi lain untuk berbelanja di seluruh aplikasi, baik itu di feed, Stories, atau Reels.

Tampaknya Instagram menjadi kurang agresif dengan fitur e-commerce-nya. Menurut laporan The Information, Instagram memberi tahu stafnya awal bulan ini bahwa perusahaan akan menguji versi fitur yang lebih sederhana. Alasannya yaitu karena pergeseran “prioritas perusahaan,” catat memo itu. Mungkin saja tab “Shop” memang tak sesukses yang diharapkan Instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38  +    =  46