Channel9.id-Jakarta. Instagram, anak perusahaan Meta, membeberkan konten terpopuler di sepanjang 2022, yang bakal tetap populer hingga 2023.
Berdasarkan survei Meta dan Populix, wisata dan kuliner adalah dua topik terpopuler di 2022 ini. Kedua topik ini diprediksi bakal masih populer di tahun depan.
Untuk diketahui, sebelumnya Meta dan Populix menyurvei 2.000 responden Gen Z dari 22 kota di Indonesia.
“Kita melihat ke depannya topik kuliner dan wisata akan terus menjadi primadona,” ujar Direktur Kemitraan Kreator Asia Tenggara Meta Revie Sylviana dalam acara #MetaID2023 di Jakarta, Selasa (6/12).
“Hastag #PesonaIndonesia digunakan oleh lebih dari 11 juta pengguna. Sebanyak 37%-nya itu di-drive oleh Gen Z yang meng-create konten dengan hashtag tersebut,” lanjut dia.
Menurut Revie, tingginya tren tagar terkait wisata itu didorong oleh pandemi COVID-19, yang kini cenderung membaik dan memungkinkan untuk jalan-jalan.
Revie juga mengungkapkan bahwa Gen Z memiliki fitur favorit di Instagram. Ini termasuk Reels, stiker Add Yours, dan Avatar. Menurutnya, tren ini menunjukkan bahwa Gen Z membutuhkan platform yang menyatukan koneksi dan hiburan.
Selain itu, Instagram pun memprediksi bakal semakin banyak Reels yang menggunakan lagu lokal.
Adapun di sepanjang 2022 ini, banyak Gen Z yang membuat konten dengan lagu dari musisi dalam negeri, termasuk Yura Yunita, Farel Prayoga, Evan Loss, dan Tulus.
“Kita mikirnya Gen Z bakal kebarat-baratan ya, tapi ternyata justru mereka mengutamakan lagu Indonesia,” jelas Revie.