Channel9.id-Jakarta. Netflix akan mengubah metrik yang digunakan untuk menentukan peringkat judul terpopuler di layanan streamingnya.
Sebelumnya, perusahaan membuat peringkat judul berdasarkan waktu menonton dua menit pertama suatu film atau acara TV di 28 hari pertama di layanan. Namun, baru-baru ini, perusahaan merilis peringkat berdasarkan jumlah total jam menonton.
“Ada beberapa perbedaan dalam peringkat… tapi kami pikir keterlibatan yang diukur dengan jam ialah indikator yang sedikit lebih baik untuk mengukur judul gelar dan kepuasan pelanggan,” kata perusahaan itu. “Ini juga cocok dengan cara layanan luar yang ingin mengukur waktu menonton TV dan memberi penghargaan yang tepat jika menonton ulang.”
Baca juga: Squid Game Jadi Judul Terpopuler di Netflix Sepanjang Sejarah
Perubahan itu tak cuma menggeser sistem peringkat, teapi juga membuat peringkatnya sedikit lebih mudah dipahami. Meskipun perusahaan secara internal melacak dengan rinci berapa waktu tonton suatu judul, metrik 2 menit itu membingungkan dan berpotensi salah menggambarkan kesuksesan yang sebenarnya dari suatu judul.
“Kami akan merilis metrik judul lebih teratur di luar laporan pendapatan kami, sehingga anggota dan industri kami bisa mengukur kesuksesan di dunia streaming dengan lebih baik,” ujar perusahaan, dikutip dari The Verge.
Adapun selama ini pemain di industri telah lama menuntut transparansi seputar angka streaming, termasuk keakuratan layanan memantau judulnya. Sebab mereka menilai layanan streaming tak terus terang tentang metrik keberhasilan dan justru mempersulit segalanya, mulai dari pembayaran pemain dan kru hingga negosiasi kontrak.
Co-CEO Netflix Ted Sarandos bulan lalu di CodeCon membagikan peringkat judul teratas Netflix berdasarkan metrik 2 menit dan metrik jam yang ditonton. Perbandingan keduanya menunjukkan bahwa metrik yang berbeda mengubah peringkat judul.
Dari data itu, yang pasti adalah Squid Game ada di peringkat teratas. Pada pekan lalu, Bloomberg melaporkan bahwa data internal Netflix memperkirakan 89% orang yang mulai menonton serial tersebut setidaknya menghabiskan 75 menit (lebih dari satu episode), dan 66% pemirsa atau 87 juta orang, telah menyelesaikan serial di 23 hari pertama.
(LH)