Strategi Facebook untuk Gaet Pengguna Muda
Techno

Strategi Facebook untuk Gaet Pengguna Muda

Channel9.id-Jakarta. Mulanya, Facebook memang keren. Namun, belakangan ini tidak begitu. Facebook sudah banyak mengubah News Feed-nya dan sekarang, status dan foto teman malah dipenuhi oleh iklan. Hal ini rupanya membuat pengguna muda merasa tak nyaman.

Setelah empat tahun belakangan ini News Feed diperbarui dan lebih banyak berisi tentang teman dan keluarga, Facebook kini akan mengisi beranda pengguna dengan konten dari orang yang tak dikenal. Hal ini akan didukung oleh fitur “Discovery Engine”. Dengan fitur ini, Facebook bakal mirip seperti TikTok, yang diharapkan bisa menarik kembali perhatian pengguna muda.

“Berangkat dari itu, ada pembaruan visi tentang bagaimana aplikasi Facebook akan merespons generasi berikutnya,” ujar Tom Alison, kepala aplikasi Facebook di Meta, dikutip dari The Verge.

Salah satu eksekutif Meta Nick Clegg turut berkomentar mengenai implikasi dari perubahan besar pada perusahaan, di mana hal ini memengaruhi konten yang mungkin dilihat oleh miliaran pengguna setiap hari di feed Facebook dan Instagram.

“Di masa depan, kami akan melakukan apa yang telah lama kami lakukan,” kata Clegg. “Jika Anda mendengarkan [mantan karyawan dan pelapor Facebook] Frances Haugen, kemungkinan muncul narasi… ‘ya ampun, mereka hanya memberi makan orang-orang yang membenci pidato …’ Tentu saja itu omong kosong … Karena sebagian besar konten yang dilihat orang di Facebook, tentu saja, didorong oleh sistem kami. Selain itu juga dipengaruhi oleh pilihan mereka sendiri, siapa teman mereka, grup mana yang mereka ikuti, konten apa yang mereka ikuti, dan seterusnya.”

Meski begitu, semuanya akan berubah dengan menghadirkan “Discovery Engine” baru ini. Untuk membuat Facebook dan Instagram lebih seperti TikTok, Meta akan melayani pengguna lebih banyak konten dari orang asing menggunakan AI.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

23  +    =  33