Tak Lagi Eksklusif, Clubhouse Android Hadir Hari Ini
Techno

Tak Lagi Eksklusif, Clubhouse Android Hadir Hari Ini

Channel9.id-Jakarta. Mulai Senin (10/5) ini, Clubhouse merilis versi Android-nya dalam versi beta di Amerika Serikat (AS). Dengan demikian, setelah satu tahun menjadi aplikasi yang eksklusif hanya untuk iOS, akhirnya pengguna Android—yang mendominasi pasar dunia—bisa mengakses Clubhouse.

“Rencana kami dalam beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari komunitas, memperbaiki masalah dan membuat beberapa fitur lain seperti pembayaran dan pembuatan klub sebelum meluncurkannya secara lebih luas,” jelas Clubhouse melalui blognya, dikutip dari The Verge.

Perusahaan mengatakan bahwa sejauh ini, aplikasi versi Android merupakan permintaaan teratas dari komintas. Berangkat dari ini, dalam beberapa hari dan minggu mendatang, versi Android akan dirilis ke seluruh dunia.

Nantinya, pengguna di luar AS bisa melakukan prapendaftaran melalui halaman Clubhouse di Google Play Store, untuk diberi tahu jika versi Android tersedia di wilayah mereka.

Meski begitu, Clubhouse mengatakan bahwa platformnya tetap memberlakukan undangan. Artinya, aplikasi tak terbuka untuk sembarang orang. Perusahaan mengatakan bahwa hal ini merupakan “bagian dari upaya untuk menjaga pertumbuhan tetap terukur.”

Meskipun akses terbatas, Clubhouse telah menghasilkan gebrakan yang signifikan, sebagian berkat popularitasnya dengan modal ventura yang tersebar di sekitar Silicon Valley. Baru-baru ini, perusahaan ini bernilai $ 4 miliar setelah mendapat putaran pendanaan baru.

Diketahui, besarnya dukungan dana itu, membikin perusahaan lain juga tertarik untuk membuat layanan serupa. Diketahui, Twitter, Discord, Facebook, Spotify, Slack, LinkedIn, dan Reddit menambahkan fitur audio yang serupa dengan Clubhouse ke layanan mereka.

Sekadat informasi, melalui pengumuman perilisan versi Android, Clubhouse juga mengatakan platformnya berkembang lebih cepat dari yang diharapkan. “Ini memiliki kelemahan, karena beban menekan sistem kami — menyebabkan pemadaman server yang meluas dan kegagalan pemberitahuan, dan melampaui batas algoritme kami,” tulisnya

“Itu membuat kami mengalihkan fokus kami ke perekrutan, perbaikan, dan pembangunan perusahaan, daripada pertemuan komunitas dan fitur produk yang biasanya kami fokuskan.”

Sudah setahun lebih ini Clubhouse berfokus untuk menarik para pembuat konten ke platformnya. Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan akan mendanai 50 acara di platformnya, melalui program akselerator.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  30  =  35