TikTok Rilis Platform Distribusi Musik SoundOn
Techno

TikTok Rilis Platform Distribusi Musik SoundOn

Channel9.id-Jakarta. TikTok berpengaruh besar bagi industri musik saat ini, dengan mendorong sejumlah lagu-lagu populer ke puncak tangga lagu Billboard. Kini perusahaan merilis platform pemasaran dan distribusi musiknya sendiri, SoundOn, untuk membantu artis agar musik mereka didengar.

Dilansir dari TechCrunch (14/3), SoundOn memungkinkan artis untuk mengunggah musik mereka langsung ke TikTok, dan ke layanan streaming musik milik perusahaan induk ByteDance, Resso—di samping platform streaming global lain, termasuk Apple Music, Spotify, Pandora, Deezer, dan Tencent’s Joox.

Distribusi ini disediakan secara gratis, dan semua biaya transaksi dibebaskan oleh platform. TikTok mengatakan SoundOn akan membayar 100% royalti kepada pembuat musik di platform milik ByteDance untuk waktu yang tidak terbatas. Ini termasuk distribusi ke TikTok; Resso di Brazil, Indonesia, dan India; dan ke aplikasi editor video ByteDance, CapCut.

Untuk layanan streaming global, pembayarannya juga 100% di tahun pertama, namun akan turun menjadi 90% di tahun kedua dan seterusnya.

Menurut FAQ SoundOn, artis bisa mempertahankan semua hak dan royalti, yang berarti mereka akan memiliki master mereka selain menerima 100% royalti (atau 90% untuk selanjutnya).

Di luar penanganan mekanisme distribusi musik, SoundOn menawarkan alat dan dukungan promosi lainnya, termasuk wawasan dan pengembangan audiens, saran dari tim pemasaran SoundOn, akses ke tab lagu TikTok (tempat musik ditautkan di halaman profil), verifikasi TikTok, penempatan editorial di Resso dan CapCut, dan dukungan promosi melalui pemasaran kreator di platform TikTok.

Situs web SoundOn mencatat bahwa merilis music melalui platformnya akan menjadi trek di platform TikTok, sehingga memungkinkan konten kreator TikTok menggunakannya.

“Pembuat TikTok adalah sumber kehidupan platform kami dan alasan mengapa musik menjadi populer,” jelas laman resmi perusahaan. “Saat Anda merilis melalui platform kami, tim kami akan memungkinkan beragam konten kreator membuat video dengan trek Anda. Ini membantu Anda memperluas basis penggemar dan menjangkau komunitas baru tempat para pembuat konten ini menjadi bagiannya.”

Aspek pemasaran TikTok membuat SoundOn sangat menarik bagi artis baru dan baru, karena mereka memahami bahwa dorongan ekstra pada TikTok bisa membantu mereka menjangkau audiens yang lebih luas.

“Tim SoundOn kami akan memandu pembuat konten dalam perjalanan mereka ke panggung besar dan menghidupkan keahlian dan kekuatan TikTok untuk artis. Kami sangat senang tentang bagaimana ini akan muncul dan mendorong bakat baru dan bagaimana SoundOn akan berkontribusi pada industri musik global yang semakin beragam dan berkembang,” kata Ole Obermann, kepala global Musik di TikTok, dalam sebuah pernyataan tentang peluncuran tersebut.

Platform SoundOn kini sudah tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Brasil, dan Indonesia. TikTok mengatakan bahwa artis yang tertarik bisa mendaftar di SoundOn melalui us.soundon.global atau soundon.global.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

34  +    =  39