Connect with us

Hot Topic

Segarkan Organisasi Kapolri Rotasi Pejabat Utama dan 8 Kapolda

Tayang

,

Channel9.id-Jakarta. Pagi ini Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol. Drs. Idham Azis MSi, akan merotasi delapan Kapolda. Beberapa bintang satu naik menjadi bintang dua.

Seperti diinformasikan oleh Divisi Humas Polri, “Rotasi dan mutasi sebagai bentuk penyegaran organisasi yang tertuang didalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/385-388/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2020”.

Diantara sejumlah Pejabat Utama Polri dan beberapa Kapolda jajaran. Upacara serah terima jabatan akan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., pada Selasa pagi (11/2/20).

Adapun pejabat yang akan diserahterimakan jabatannya antara lain Kadivhubinter Polri dari Irjen Pol. Dr. HS Malta, digantikan oleh Brigjen Pol. Napoleon Bonaparte, Kapuslitbang Polri, Kapusjarah Polri, Kayanma Polri.

Sementara Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono digantikan oleh Irjen Pol. Remigius Sigit Tri Hardjanto. Sedangkan Irjen Pol. Royke Lumowa dari Kapolda Maluku menjadi Kapolda Sulawesi Utara. Brigjen Pol. Wahyu Widada, SPhil, MSi dari Kapolda Gorontalo menjadi Kapolda Aceh. Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol. Baharuddin Djafar menjadi Kapolda Maluku. Kapolda Jambi Irjen Pol. MuclisAS, digantikan oleh Irjen Pol. Drs. Firman Santyabudi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Percaya Mitos Berenang Bisa Hamil Mundur ke Zaman Jaka Tarub

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Polemik yang sedang ramai di publik oleh pernyataan salah satu komisioner Komisi Perlindungan Anak KPAI Sitti Hikmawatty, mendapat tanggapan publik seolah menjadi kemunduran berpikir pejabat publik kita.

Sebelumnya Sitti Hikmawatty mengatakan bahwa pemikirannya yang didapat dari jurnal di luar negeri. “Pertemuan yang tidak langsung misalnya ada sebuah mediasi di kolam renang. Ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat, walaupun tidak terjadi penetrasi tetapi ada pria terangsang dan mengeluarkan sperma dapat berindikasi hamil. Kalau perempuannya sedang fase subur itu bisa saja terjadi”, kata Sitti kepada media.

Kontan, pernyataan ramai dan menjadi viral di publik. Beragam komentar pun bermunculan, lebih banyak menyayangkan kualitas pernyataan pejabat publik yang sulit dipertanggungjawabkan itu, karena sejak ratusan abad lalu, bahkan sejak Nawangwulan mandi di telaga dan ketemu Jaka Tarub sampai kini zaman modern belum pernah ditemukan kasus perempuan hamil karena berenang.

Alisa Wahid, Putri Presiden Abdurrahman Wahid dalam akun twitter mengomentari kualitas anggota KPAI ini dengan menyebut, dengan mempertanyakan kualitas seleksi untuk menjadi komisioner KPAI.

“Ada banyak hal di otak saya saat membaca seorang komisioner KPAI, pejabat publik yang dipilih melalui pansel, berpendapat seperti ini. (1) Ini efek Pendidikan Kespro (Kesehatan Reproduksi, red) yang selama ini (2) Proses seleksi KPAI bagaimana (3) Kebijakan KPAI ini bagaimana ya?” tulisan Alissa di akun Twitternya.

Ketua Perhimpunan Dokter Indonesia Bersatu, Dr. James Allan Rarung SpOG, yang juga dokter spesialis kandungan pada Rumah Sakit TNI AD Manado, mengatakan pernyataan itu mirip hoax. Walaupun sepertinya didapat sumber ilmiah, tetapi belum pernah ada yang membuktikan hal itu terjadi.

“Sperma cepat mati jika berada di luar, kecuali dalam media percobaan yang direkayasa mirip kondisi organ kewanitaan. Dan media itu bukan air seperti di kolam renang,” katanya dalam satu wawancara dengan Radio El Shinta di Jakarta Minggu (23/2/20).

Susanto ketua KPAI mengatakan pihaknya akan mengusut kebenaran pernyataan komisionernya tersebut. “Narasi berita tersebut menimbulkan kontroversi di media sosial dan masyarakat. Mengenai kebenaran narasi tersebut, kami akan konfirmasi kepada yang bersangkutan,” katanya.

Memang tidak kali ini saja Komisioner Sitti Hikmawatty membuat gempar. Sebelumnya, ia pernah membuat geger setelah mengkritisi seleksi, PB DJarum dalam audisi anak-anak untuk atlet-atlet bulu tangkis Indonesia.

Continue Reading

Hot Topic

Insiden Siswa Hanyut, Polisi Yogyakarta Menetapkan Satu Tersangka

Published

on

By

Channel9.id-Sleman. Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu tersangka, IYA, terkait insiden hanyutnya ratusan siswa-siswi SMPN 1 Turi saat kegiatan susur sungai di Sungai Sempor, Turi, Sleman, Jumat, 21 Februari 2020. “Kami sudah menaikkan status salah satu dari para saksi dengan inisial IYA menjadi tersangka,” kata Kepala Bidang Humas Polda DIY Komisaris Besar Pol Yuliyanto, Sabtu, 22 Februari 2020.

Menurut Yuliyanto, IYA, merupakan salah satu pembina pramuka sekaligus guru olah raga di SMPN 1 Turi. Dia ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil gelar perkara yang dipimpin Direktur Reserser Kriminal Umum Polda Yogyakarta AKBP Burkan Rudy Satria, Sabtu, 22 Februari 2020.

“Sampai saat ini yang bersangkutan sedang dilakukan pemeriksaan, dilakukan berita acara pemeriksaan sebagai tersangka,” kata Yuliyanto.

Tersangka, kata Yuliyanto, diduga melanggar Pasal 359 KUHP karena kelalaiannya yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dan Pasal 360 karena kelalaiannya yang menyebabkan orang luka-luka. “Ancamannya masing-masing (pasal) lima tahun (kurungan).”

Menurut Yuliyanto, penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang yang terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah tujuh pembina Pramuka. “Dari tujuh orang (pembina) ini, enam orang ikut ke lokasi, yang satu orang tinggal di sekolah menunggu barang anak-anak itu. Enam orang itu ikut mengantar anak-anak ke sungai. Dari enam orang itu empat turun ke sungai,” ujarnya.

Berikutnya, kelompok kedua yang diperiksa adalah unsur Kwartir Cabang Kabupaten Sleman yang terdiri tiga orang. Menurut Yuliyanto, tiga orang itu diperiksa untuk mengetahui bagaimana aturan yang ada berkaitan dengan manajemen risiko kegiatan Pramuka.

Adapun kelompok ketiga adalah warga yang tengah berada di lokasi kejadian kecelakaan sungai. Sebagian diantaranya merupakan pengelola wisata di Lembah Sempor. Menurut Yuliyanto, jumlah tersangka tidak menutup kemungkinan masih bisa bertambah seiring dengan pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang masih akan terus dilakukan.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY hingga Sabtu, 22 Februari 2020, mencatat total murid yang melakukan aktivitas susur sungai berjumlah 249 murid. Terdiri dari kelas VII sejumlah 124 murid dan dan kelas VIII sebanyak 125 murid. Posko mencatat 216 murid selamat sedangkan 23 murid luka-luka. Sedangkan delapan murid meninggal dunia terserat arus sungai

Continue Reading

Hot Topic

Inilah Visi Misi Dr. Ary Zulfikar Calon Ketua IKA Universitas Padjadjaran

Published

on

By

Channel9.id – Bandung. Dr. Ary Zulfikar, SH, MH, salah satu calon ketua  Ikatan Alumni Unpad, hari ini secara resmi  mendeklarasikan   pencalonananya sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran periode 2020-2024. Acara yang dihelat direstoran  Delapan Padi, Dipati Ukur Bandung, berlangsung meriah,  dukungan mengalir dari para alumni  Unpad  yang menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya , Dr. Ary Zulfikar SH, MH yang akrab dipanggil Azoo, menyampaikan alasannya kenapa mencalonkan dirinya sebagai Ketua Alumni Unpad, yakni ingin menjadikan alumni sebagai sesuatu kekuatan yang dapat bersinergi dengan civitas akademika, “ tujuanya agar menciptakan kemandirian finansial dan wirausaha dalam mewujudkan kampus sebagai universitas unggul,” jelasnya dalam deklarasi  22/2/2022 di Bandung.

Untuk mewujudkan visinya  ada  empat hal yang menjadi indikator, yang menurut  Azoo dikemas dalam 4 B, yakni bebenah, berkolaborasi, berkegiatan dan berkontribusi.  

Bebenah maksudnya adalah, melakukan identifikasi permasalahan dengan menggelar komunikasi dengan seluruh jaringan alumni. Berkolaborasi  melakukan identifikasi kekuatan alumni dengan pendekatan keahlian dan kompetensi.Berkegiatan adalah melakukan kegiatan dari berbagai disiplin ilmu dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. “Terakhir adalah berkontribusi  melakukan kegiatan yang berdampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dalam rangka menjadikan kampus sebagai barometer pengembangan ilmu,” jelas Azoo.

 Untuk merelisasikan visi misinya tersebut, Azoo sudah menyusun empat progam kerja, pertama adalah melakukan konsolidasi jaringan dan alumni, kedua, pengembangan dan pemanfaatan jaringan alumni berdasarkan keahlian dan kompetensi, ketiga mengoptimalisasikan kegiatan jejaring alumni  untuk memberdayakan universitas sebagai pusat pengetahuan, penelitian dan pengabdian masyarakat, keempat optimalisasi hubungan  dengan lembaga atau pemangku kebijakan atas program kegiatan yang dapat diaplikasikan dan berdaya guna bagi masyarakat.

Azoo meraih gelar S 1 dan doktornya dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, sekarang ini bekerja menjadi  Direktur  Eksekutif Hukum, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sebelumnya ia dikenal sebagai pengacara dalam bidang hukum  bisnis, mendirikan firma hukum AZP & Legal.  Kantor pengacaranya masuk dalam 30 besar firma hukum terbaik di Indonesia.  Dan ia juga masuk dalam  jajaran 100 top lawyer tahun 2018 dan 2019 yang dikeluarkan oleh jurnal Asia Business Law dari Hongkong.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC