Connect with us

Internasional

Cegah Penyebaran Covid-19, Mesir Berlakukan Jam Malam

Tayang

,

Channel9.id-Jakarta. Mesir dan ibu kotanya Kairo, kota besar dengan jumlah penduduk sekitar 20 juta orang, telah ditutup pada Rabu (25/3) malam waktu setempat. Pemerintah Mesir mengeluarkan kebijakan jam malam untuk mencegah penyebaran virus corona.

Mengutip Reuters, di kota yang tak pernah tidur itu, kafe dan restoran biasanya buka hingga dinihari. Para pemilik toko menutup toko sebelum pukul 19.00, begitu pula dengan pengguna komuter bergegas pulang pukul 18.00 sebelum jam malam.

Polisi berjaga disetiap jalan utama untuk memberhentikan siapapun yang melanggar jam malam. Sebagian besar jalan mulai kosong sekitar pukul 18.30.

“Penyakit ini bukanlah lelucon. Orang-orang harus tinggal di rumah, dan tidak meninggalkan rumah setelah jam malam,”ujar seorang penduduk Kairo.

Mesir telah meningkatkan langkah-langkah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona lebih luas. Bandara dan gym ditutup. Sekolah dan kampus juga tutup hingga pertengahan April. Restoran dibatasi melayani pengantaran saja.

Toko-toko selain supermarket dan apotik diminta tutup pukul 17.00, atau dua jam lebih awal dari jam malam.

Negeri piramid yang memiliki jumlah penduduk hampir 100 juta ini melaporkan 456 kasus Covid-19 dan 21 orang meninggal.

Seperti negara lainnya, Mesir telah mengambil langkah-langkah kebijakan ekonomi sebagai dampak dari virus corona. Termasuk penurunan suku bunga 3% dan menyuntik 20 juta pound atau sekitar $1,2 juta untuk mendorong pasar saham.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Internasional

Kasus Impor Covid-19 Meningkat di Cina

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Cina menemukan lonjakan kasus baru virus corona yang didorong kembalinya para pelancong yang terinfeksi setelah pulang dari luar negeri. Hal ini menjadikan risiko penularan di kota-kota di daratan Cina. Padahal, dalam beberapa hari ini Cina mencatat tidak adanya kasus baru Covid-19.

Dilansir Reuters, pada Senin (23/3) Cina memiliki 78 kasus baru Covid-19. Komisi Kesehatan Nasional menyebut, peningkatan dua kali lipat terjadi pada Minggu (22/3). Dalam kasus baru ini, 74 merupakan kasus infeksi impor, atau naik 39 kasus dari sehari sebelumnya.

Ibu kota Cina mencatat kasus tertinggi dengan 31 kasus infeksi impor. Diikuti provinsi bagian utara Cina Guangdong dengan 14 kasus baru. Hingga Senin, (23/3) jumlah total kasus impor tercatat sebanyak 427.

Beijing telah memberlakukan penyaringan ketat dan karantina serta mengalihkan penerbangan internasional ke berbagai kota. Namun hal tersebut tidak dapat membendung masuknya warga yang kembali dari negara-negara yang terinfeksi virus corona.

Kota di bagian selatan Shenzhen bakal mengetes pada warga yang kembali dari pintu masuk pelabuhan dan melarang pendatang masuk dari Hong Kong dan Taiwan.

Pemerintah kota Beijing memperketat aturan karantina bagi warga yang beru kembali dari luar negeri. Pejabat berwenang menegaskan jika semua orang yang memasuki ibu kota Cina akan dikarantina dan diperiksa kesehatan.

Bagi warga yang baru kembali dari luar negeri dalam waktu 14 hari terakhir juga akan dikenai karantina terpusat dan pengujian virus corona.

Diketahui, Covid-19 telah membunuh sekurangnya 3.300 orang dan menginfeksi hampir 82.000 orang di daratan Cina.

Continue Reading

Internasional

Kroasia Diguncang Gempa, Dubes RI: Semua Staf KBRI Aman

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Gempa kuat mengguncang Kroasia dan ibu kotanya, Zagreb, menimbulkan kepanikan dan kerusakan luas. Beberapa korban mengalami luka, namun belum dilaporkan adanya korban jiwa.

Dilansir BBC, Badan Seismologi Eropa, EMSC, melaporkan gempa berkekuatan 5,3 magnitude menghantam wilayah utara dari Zagreb, pada Minggu (22/3) pukul 6.23 pagi waktu setempat. Episenter berada 4 mil di utara Zagreb dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa berusak bangunan di Zagreb. Jalanan di pusat kota dipenuhi oleh puing-puing. Gempa kali ini disebut terparah menimpa Zagreb sejak 140 tahun lalu.

Lembaran beton berjatuhan menimpa kendaraan. Sementara itu didalam rumah, warga berbagi foto rumah mereka yang rusak, barang pecah belah seperti botol dan gelas pecah.

Pemerintah melaporkan beberapa korban akibat gempa, namun belum memberikan keterangan detail. Gempa melanda Zagreb yang sedang diberlakukan lockdown akibat wabah corona virus.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Syachroedin Pagar Alam, melaporkan jika seluruh staf KBRI aman. “Sekarang sudah aman dan kembali ke Wisma KBRI,” ujarnya dalam akun media sosialnya.

Syachroedin menggambarkan situasi gempa yang berlangsung selama 3 menit ini membuat gedung KBRI seperti oleng.

“Lampu-lampu bergoyang. Terdengar suara gemuruh dari bumi. Gempa juga tidak hanya terjadi satu kali, namun hingga 6 kali bumi Kroasia berguncang,” tulisnya.

Continue Reading

Internasional

Imbauan Tinggal Dirumah, Inggris Dilanda Panic Buying

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Penyebaran virus corona yang semakin cepat dan semakin tingginya jumlah korban meninggal, membuat warga Inggris panik dengan melakukan panic buying. Beredar video di media sosial, seorang perawat yang kelelahan setelah bertugas. Ia menangis sembari mendorong troli belanjaan yang memperlihatkan rak-rak kosong. Video yang diposting perawat tersebut ditayangkan di berita nasional BBC.

Para pembeli memborong barang di supermarket dalam seminggu terakhir ini, memburu tisu toilet, pasta gigi, hingga bahan makanan. Pemerintah yang mengimbau warganya untuk tinggal di rumah, membuat warga berlomba-lomba untuk menimbun barang.

“Jujur, kita seharusnya malu hal ini terjadi,” ujar Direktur Layanan Kesehatan Nasional (NHS), Stephen Powis, sebagaimana dikutip Reuters, Sabtu (21/3).

“Ini tidak bisa diterima. Warga seharusnya saling menjaga,” imbuhnya.

Menteri Lingkungan dan Pangan Inggris, George Eustice mengatakan, $1,2 juta bahan makanan tambahan telah habis di supermarket dalam tiga minggu terakhir.

Pada satu briefing dengan media, Eustice menyerukan agar warga bertindak bijaksana dan bertanggungjawab saat berbelanja, dan memikirkan orang lain.

“Saat ini stok bahan makanan cukup dan kita akan memperluas produksi untuk mengatasi permintaan yang tinggi,” ujarnya.

“Dengan membeli lebih dari yang Anda butuhkan, tidak akan menyisakan bagi yang lain, dan ini akan membuat hidup lebih sulit bagi pekerja di barisan depan seperti dokter dan perawat, serta pekerja NHS,” imbuh Eutice.

Pemerintah Inggris telah mengesampingkan aturan pengiriman barang ke supermarket untuk menghadapi permintaan yang meningkat tajam.

Eutice menyebut, minggu lalu, manufaktur telah memproduksi bahan makanan  50% lebih dari biasanya.

“Kami kira kita tidak akan kebabisan makanan. Tantangannya adalah membawa makanan ke rak di supermarket, dan menyimpannya disana,” tandasnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC