Connect with us

Internasional

CSIS: Gagasan Islam Moderat Indonesia Jaga Perdamaian dan Keamanan di Asia Tenggara

Tayang

,

Channel9.id – Jakarta. Direktur Eksekutif CSIS Philips J Vermonte menyatakan, komunitas Muslim Indonesia memiliki kontribusi penting untuk menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan Asia Tenggara, khususnya negara-negara yang bergabung dalam ASEAN.

Sebagai negara dengan jumlah populasi umat muslim terbesar, Indonesia perlu menyebarluaskan pandangan Islam Moderat yang mengusung jalan tengah dan toleransi guna mengatasi masalah-masalah di daerah konflik seperti dalam kasus Rohingya.

“Jadi kepentingan Indonesia di regional menciptakan masyarakat moderat di Asia Tenggara supaya terlepas dari sentimen agama, terlepas dari sentimen etnis, dan sebagainya. Indonesia harus selalu menemukan jalan tengah di daereh konflik seperti kasus Rohingnya,” kata Philips dalam diskusi tematik online PW ISNU DKI Jakarta, Sabtu (1/8).

Menurut Philips, Indonesia sudah memiliki sejumlah pengalaman yang berhubungan dengan konflik etnis, ras dan agama. Indonesia pun berhasil mengatasi konflik tersebut karena sifatnya yang moderat.

“NU dan Muhammadiyah memiliki peran panting dalam memperkuat moderasi dan toleransi. Karena konflik di tingkat nasional sudah memberikan pengalaman bagi kita, misalnya kasus di Maluku pada awal 1990an dan di awal reformasi,” kata Philips.

Terkait penyelesaian konflik agama, Indonesia bisa memberi solusi kepada negara yang tengah berkonflik, untuk melakukan pendekatan tanpa kekerasan. Pun menyelesaikan masalahnya tidak mengaitkannya dengan persoalan etnis dan agama.

“Karena kita tahu ketika datang kekerasan semua lapisan masyarakat etnis dan agama yang berbeda akan menderita. Sehingga kami mengusulkan ini berdasarkan pada pengalaman kami di Indonesia,” kata Philips.

Di samping itu, Indonesia juga perlu memperluas jangkauan untuk menyebarkan ajaran Islam Moderat. Terlebih, di zaman kemajuan teknologi dan informasi ini, penyebaran gagasan tidak begitu sulit. Warga muslim Indonesia sekali pun bisa menyampaikan ajaran tersebut.

“Jadi tidak hanya pejabat pemerintah yang bisa menyebarkan ajaran agama tersebut. Saat ini karena kemajuan teknologi, warga sekalipun bisa menyampaikan ajaran tersebut kepada warga negara lainnya,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Internasional

CSIS: Islam Moderat Tangkal Penyebaran Terorisme di Asia Tenggara

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Direktur Eksekutif CSIS Philips J Vermonte menyatakan, gagasan Islam Moderat yang diusung ormas muslim di Indonesia, mampu menangkal penyebaran gagasan teroris di kawasan Asia Tenggara, khususnya masyarakat ASEAN.

Terlebih, NU dan Muhammmadiyah telah berperan aktif dalam mengusung perdamaian dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. Dalam hal ini, kedua ormas tersebut berkontribusi untuk memberikan solusi kepada negara tetangga yang tengah dilanda konflik agama.

“Poin saya Indonesia melalui kedua ormas tersebut sudah menjadi mediasi perdamaian di negara yang dilanda konflik,” kata Philips dalam diskusi tematik online PW ISNU DKI Jakarta, Sabtu (1/8).

Ormas muslim Indonesia juga memiliki peran penting dalam menciptakan jaringan sesama musim. Kekuatan jaringan tersebut mampu memperkuat kemampuan masyarakat dalam menghadapi konflik dan meningkatkan kapasitas untuk menemukan resolusi.

“Misalnya jaringan tersebut membentuk pelatihan kerja sama perdamaian dan keamanan. Bekerja sama dengan NU dan Muhamadiyah untuk memperkuat kemampuan masyarakat untuk menghadapi konflik dan meningkatkan kapasitas mereka untuk menemukan resolusi,” kata Philips.

Bahkan, sebagai bukti nyata mewujudkan perdamaian, ormas muslim Indonesia membantu negara lain untuk membangun infrastruktur baik di bidang pendidikan maupun kesehatan.

“Selanjutnya membangun infrastruktur. Organisasi keagamaan membangun madrasah di Kamboja, Rumah Sakit di Rohingya. Saya pikir Bu Menlu Retno sangat aktif dan terus membantu membangun pendidikan khususnya di rawan konflik di mana banyak pengikut muslim,” kata Philips.

Selain itu, ormas muslim Indonesia juga turut melakukan aksi sosial untuk membantu sesama. Mengingat, kawasan Asia merupakan wilayah rawan bencana.

“Kita tahu bahwa kawasan Asia wilayah rawan bencana, seperti angin topan dan gempa bumi. Banyak organisasi di Indonesia telah berkontribusi dalam bidang ini. Terutama NU memiliki organisasi sendiri untuk membantu penanggulangan bencana alam,” ujar Philips.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Sekretaris ASEAN: Kontribusi Indonesia Sangat Besar Untuk Kemajuan Ekonomi ASEAN

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Former Secretary General of ASEAN, Ong Keng Yong menyatakan kontribusi Indonesia sangat besar dalam kemajuan ekonomi ASEAN. PDB Indonesia adalah penyumbang satu pertiga total PDB ASEAN.

Jika Indonesia terus berkontribusi seperti itu, maka ekonomi negara-negara ASEAN akan tumbuh cepat.

“Ekonomi Indonesia hari ini adalah satu triliun US Dolar. Sedangkan, ekonomi ASEAN bersama-sama adalah 3 triliun US dolar. Indonesia menyumbang satu triliun US dolar. Jika Indonesia terus membantu ASEAN, ASEAN akan tumbuh dengan cepat. Ini sangat berarti bagi kita semua di Asia Tenggara. Kita perlu peran Indonesia,” kata Yong dalam diskusi tematik online PW ISNU DKI Jakarta, Sabtu (1/8).

Yong memprediksi, kekuatan ekonomi Indonesia ke depan akan diperhitungkan negara-negara di dunia. Dengan kekuatan ekonomi itu, Indonesia akan membantu negara-negara di ASEAN melalui investasi ekonomi untuk membangun industrialisasi.

“Ke depan Indonesia akan sangat penting untuk membawa ASEAN memenuhi segala jenis yang dibutuhkan negara kecil. ASEAN mengandalkan banyak hal kepada Indonesia. Terlebih, Indonesia bisa membawa investasi ekonomi ke berbagai negara di ASEAN untuk berkontribusi pada banyak industrialisasi di negara-negara seperti Filipina, Vietnam, dan Malaysia,” katanya.

Di samping itu, Indonesia memiliki kontribusi penting untuk menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara. Karakteristik Indonesia yang multi-kultural, multi-ras dan multi-etnis, bisa menjadi pembelajaran untuk negara-negara tetangga.

“Anda adalah masyarakat multi rasial yang tidak seorang pun merasa terancam oleh ukuran populasi muslim terbesar. Anda mengajarkan bahwa perbedaan tidak memghalangi terciptanya perdamaian. Karena itu, kamu bisa memberi contoh. Kamu punya kontribusi dengan karakter multikultural ini,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading

Internasional

Eks PM Malaysia Najib Razak Dinyatakan Bersalah dalam Skandal 1MDB

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dinyatakan bersalah atas tujuh dakwaan terkait skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) pada Selasa (28/07).

Hakim Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, Mohamad Nazlan Mohamad Ghazali menyatakan jika Najib bersalah atas satu tuduhan penyalahgunaan kekuasaan, tiga tuduhan pelanggaran kepercayaan, dan tiga tuduhan pencucian uang terkait penyalahgunaan RM42 juta ringgit atau sekitar USD13,6 juta dari satu mantan anak perusahaan 1MDB yakni SRC Internasional.

“Saya menemukan terdakwa bersalah dan menghukumnya atas tujuh tuduhan,” ujar hakim sebagaimana dikutip dari StraitTimes, Selasa (28/07).

Setiap dakwaan akan dijatuhi hukuman penjara 15 sampai 20 tahun penjara.

Hukuman diharapkan akan diproses pada Selasa, 28 Juli 2020 sore, usah pengadilan mendengarkan argumen mitigasi dari tim kuasa hukum Najib. Sang mantan perdana menteri menyatakan akan mengajukan banding ke Pengadilan Federal.

Najib hadir dalam persidangan pada pukul 10 pagi waktu setempat. Ia terlihat menggunakan masker dan  diapit para pemimpin partainya. Sebelum memasuki ruang sidang, Najib tampak berdoa.

Ratusan pendukungnya turut hadir dan meneriakkan dukungan untuk Najib. Namun, suasana berubah saat hakim menyatakan Najib bersalah. Beberapa pendukung, terlihat menangis.

Diketahui, 1MDB sejatinya didirikan untuk menggalang dana untuk pembangunan Malaysia dan membantu kaum miskin negara itu. Namun, dana yang terkumpul dituduh telah diselewengkan.

Jaksa AS dan Malaysia menuding uang tersebut mengalir ke beberapa individu berpengaruh untuk membeli barang-barang mewah, termasuk real estat, kapal yacht, jet pribadi, dan barang seni.

Najib menyanggah tuduhan-tuduhan tersebut dan bersikeras menyatakan dirinya tidak bersalah.

Sejumlah pihak telah menuduh Najib terlibat dalam korupsi 1MDB selama lebih dari lima tahun. Tetapi tindak lanjut secara hukum baru terjadi setelah ia kalah pemilu tahun 2018 dan penggantinya Mahathir Mohamad membuka kembali penyelidikan.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC