Ekbis

7 Tips Menulis Surat Resign Tanpa Menyakiti Bos

Channel9.id, Jakarta – Apakah Anda sedang berniat untuk pindah kerja ke kantor baru? Anda tentu harus mempersiapkan surat pengunduran diri sejak awal.

Mengundurkan diri dari perusahaan dan mencari pekerjaan yang baru merupakan keputusan yang penting dan harus dilakukan dengan baik. Meski Anda telah menyampaikan niat untuk mengundurkan diri kepada atasan secara langsung, namun surat pengunduran diri inilah yang akan menjadi pemberitahuan formal Anda kepada pihak perusahaan.

Penting untuk membuat surat ini sebaik mungkin dengan cara yang profesional, agar pihak perusahaan menerimanya sesuai dengan tujuan pembuatannya. Surat pengunduran diri yang tepat juga akan membantu Anda menjaga hubungan baik dengan perusahaan, meskipun Anda akan segera keluar dan meninggalkan perusahaan.

Bagaimanapun juga, Anda tentu tidak ingin meninggalkan kesan buruk bagi atasan dan juga pihak perusahaan, bukan? Lalu, bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara menulis resign kerja yang bisa Anda jadikan panduannya.

1. Tulis Tujuan dan Isi Surat dengan Jelas

Pastikan Anda membuat surat penguduran diri yang tepat dan profesional, di mana surat ini memuat tujuan dan isi yang sangat jelas. Tanggal pengunduran diri merupakan salah satu hal yang tidak bisa Anda lupakan, sebab hal ini akan sangat penting di dalam surat pengunduran diri.

Sampaikan dengan jelas kepada atasan tanggal berapa Anda mulai tidak lagi masuk dan bekerja di dalam perusahaan. Tuliskan juga jabatan terakhir atau posisi yang akan Anda tinggalkan di perusahan, sehingga atasan memahami hal ini dengan jelas.

Siapkan dan sampaikan surat lamaran Anda setidaknya 2 pekan sebelum waktu efektif penguduran diri Anda tiba, agar pihak perusahaan bisa mempersiapkan orang yang akan menangani tugas-tugas Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7  +  1  =