Channel9.id. Instagram akan menampilkan iklan di hasil pencarian. Perubahan ini memungkinkan para pebisnis lebih mudah dilihat, dilansir dari Engadget, Rabu (22/3).
Ketika pengguna mencari istilah tertentu di pencarian Instagram, misalnya “pakaian atasan”, maka akan muncul konten dengan label “besponsor” pada hasil pencarian.
Instagram berencana meluncurkan pembaruan itu secara global di beberapa bulan mendatang. Instagram juga telah bekerja sama dengan pebisnis tertentu, dan akan menguji format yang memungkinkan pebisnis memberi notifikasi tentang acara atau perilisan produk.
Saat pengguna memilih “iklan pengingat” untuk suatu acara, pengguna akan mendapat pemberitahuan dari Instagram satu hari sebelumnya, 15 menit sebelum acara, dan saat acara dimulai. Pengingat ini akan muncul seperti notifikasi Instagram lainnya dan akan muncul di layar kunci.
Sebagai informasi, iklan merupakan sumber kehidupan Meta, induk Instagram. Meta yang mencari cara baru untuk memperoleh penghasilan dari iklan bukanlah hal yang mengejutkan. Apalagi pendapatan kuartalan perusahaan menyusut.
Untuk kuartal keempat tahun 2022, misalnya, Meta melaporkan pendapatan iklan sebesar $31,25 miliar. Angka ini turun dari $32,64 miliar untuk kuartal yang sama pada tahun 2021. Pendapatan iklan tahun-ke-tahunnya juga turun dari $114,93 miliar pada tahun 2021, menjadi $113,64 miliar pada tahun 2022.
Meta telah memperketat ikat pinggang dalam beberapa bulan terakhir dan mem-PHK 11.000 pekerja-nya pada November lalu untuk efisiensi. Beberapa hari yang lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Meta memberhentikan 10.000 pekerja lagi dan akan merestrukturisasi divisinya pada April dan Mei mendatang.
Baca juga: Instagram Stop Fitur “Live Shopping”