Nasional

Sarasehan Kependidikan Labschool: Mendikdasmen Giatkan Transformasi Pendidikan Indonesia RAMAH

Channel9.id – Jakarta. Labschool UNJ menggelar Sarasehan Kependidikan bertempat di Puri Agung, Grand Sahid Jaya, Jakarta bagi seluruh Guru di lingkungan Labschool UNJ, Rabu (9/7/2025). Acara Saresehan ini menjadi momentum penting dalam membahas arah kebijakan pendidikan Indonesia.

Menurut Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd., Kepala BPS Labschool UNJ, selain itu acara sarasehan yang diikuti 570 guru-guru Labschool juga sebagai bagian dari tradisi akademik Labschool. “Peran Labschool menyikapi sekaligus memberikan masukan terhadap berbagai kebijakan pembangunan pendidikan nasional khususnya jenjang pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah,” kata Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd. dalam rilis yang diterima redaksi, Rabu (9/7/2025).

Menurut Prof. Totok Bintoro, Sarasehan yang digelar Labschool UNJ ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Dr. Abdul Mu’ti, sebagai Keynote Speaker dengan pemaparan bertajuk “Arah Kebijakan dan Program Prioritas Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.” Dalam sambutannya, Mendikdasmen menekankan pentingnya transformasi sistem pendidikan RAMAH (Responsif, Akuntabel, Melayani, Adaptif, Harmonis) guna menciptakan ekosistem pembelajaran yang adaptif, inklusif, dan berkualitas bersamaan dengan implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.

Mendukung upaya Mendikdasmen, sejumlah tokoh pendidikan ternama turut hadir sebagai narasumber. Diantaranya Tokoh Pendidikan Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. memberikan Pembekalan Guru Labschool yang Profesional. Prof. Arief Rachman menyoroti pentingnya kompetensi guru dalam menghadapi dinamika pendidikan modern.

Melanjutkan diskusi mengenai penguatan kualitas pendidikan, Dr. Handaru Catu Bagus, S.T., M.M. yang mewakili Kepala BSKAP Kemendikdasmen, memaparkan “Kebijakan Evaluasi Hasil Belajar TKA” sebagai bagian dari penguatan sistem asesmen pendidikan nasional. Dia menegaskan pentingnya sistem asesmen yang objektif dan berkelanjutan sebagai fondasi dalam mengukur capaian belajar siswa.

Untuk memperdalam pendekatan dalam proses belajar mengajar, Prof. Dr. Dinn Wahyudin, MA. menyampaikan pembahasan mengenai “Konsep dan Implementasi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning),”. Prof. Dinn Wahyudin menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang mengembangkan pemikiran kritis dan reflektif siswa.

Sementara itu Tim Euro Management Indonesia, melengakapi sesi dengan topik “Mempersiapkan Siswa Belajar di Luar Negeri,” Pembahasannya membuka cakrawala bagi para pendidik mengenai pentingnya kesiapan siswa secara akademik, mental, dan kultural untuk bersaing di tingkat global.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ifan Iskandar, memberikan materi penutup tentang Orientasi Baru Pedagogik sebagai upaya penyesuaian pendekatan mengajar dengan kebutuhan peserta didik di generasi masa kini.

Menurut Prof. Totok Bintoro, Sarasehan ini menjadi kehormatan tersendiri bagi Labschool UNJ karena berkesempatan menghadirkan Mendikdasmen serta para pakar pendidikan nasional yang kredibel.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ruang dialog yang memperkuat pemahaman arah baru pendidikan Indonesia, serta menjadi ajang silaturahmi dan kolaborasi antar guru di lingkungan Labschool UNJ. Semangat kita, dari Labschool untuk Indonesia dan Dunia!” pungkas Prof. Totok Bintoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  75  =  78