Nasional

Kapolri Luncurkan Aplikasi Monitoring Karantina Presisi

Channel9.id – Jakarta. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin peluncuran aplikasi Monitoring Karantina Presisi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis 6 Januari 2021.

Aplikasi itu diluncurkan demi melakukan pengawasan terhadap para pelaku perjalanan internasional untuk menjalani karantina berdasarkan dengan aturan.

“Ini merupakan pengembangan dari hasil koordinasi dengan pak Menteri Kesehatan dan seluruh pihak, untuk membantu mengawasi masyarakat kita yang diarahkan karantina. Aplikasi ini dinamakan Monitoring Karantina Presisi,” kata Listyo.

Dengan adanya aplikasi ini, para petugas bisa memantau pelaksanaan karantina yang dilakukan para pelaku perjalanan internasional. Mulai dari proses awal pengurusan karantina sampai seesai.

“Di dalamnya, kita turun tangan untuk monitoring lokasi, memantau lokasi secara real time serta terdapat statistik pelaku perjalanan yang sedang karantina hingga selesai serta informasi mengenai hasil tes PCR,” ucapnya.

Adapun para pelaku perjalanan internasional yang baru tiba dan akan menjalani karantina wajib menginstal aplikasi Monitoring Karantina Presisi tersebut.

Setelah menginstal, petugas di Command Center Mabes Polri akan memantau setiap pergerakan para pelaku karantina lewat aplikasi itu.

“Harapannya, agar aplikasi ini bisa membantu dalam melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang melakukan karantina. Melalui aplikasi ini juga kita menunjukkan bagaimana kemajuan teknologi yang dimanfaatkan untuk memastikan masyarakat menjalani karantina dengan disiplin,” ungkap Listyo.

Listyo berharap, kehadiran aplikasi tersebut dapat membantu masyarakat yang menjalani karantina dan tetap terpantau.

“Sehingga setelah keluar dari karantina mereka betul-betul aman dan bebas dari varian Delta dan Omicron atau varian lain yang berkembang, yang mana harus kita waspadai,” lanjutnya.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

54  +    =  56