Channel9.id – Jakarta. Ombudsman RI menerima 1.346 pengaduan masyarakat terkait bantuan sosial selama dibukanya posko pengaduan pandemi Covid-19.
Dari banyaknya pengaduan tersebut, dinas sosial paling banyak dilaporkan masyarakat terkait bantuan sosial.
“Secara berurutan pengaduan yang paling banyak terkait bantuan sosial. Selanjutnya layanan kesehatan, keuangan, keamanan dan transportasi,” kata Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Rabu (5/8).
Rifai menyatakan, puncak pengaduan terjadi pada Mei 2020 sebanyak 978 laporan. Namun, pengaduan turun menjadi 21 di Juli 2020.
“Jadi penurunan pengaduan tersebut menjadi salah satu pertimbangan Ombudsman menutup posko ini,” katanya.
Rifai pun mengaku, 40 persen pengaduan tersebut berhasil diselesaikan masalahnya oleh Ombudsman.
“Kemudian 39,42 persen kami teruskan kepada kementerian dan lembaga yang diadukan,” katanya.
Rifai menambahkan, persentase sebaran pengaduan tersebut terjadi di sejumlah daerah.
“Pengaduan tertinggi berasal dari Provinsi Banten sebanyak 221 aduan, Provinsi Sumatera Barat sebanyak 157, Bangka Belitung 138, Jawa Timur 62, dan Jawa Tengah 97 pengaduan,” pungkasnya.
(HY)