Channel9.id-Jakarta. Zoom berharap pertemuan virtual tetap ada. Layanan konferensi video ini mengumumkan pada Rabu (19/5) lalu, acara apa saja yang bisa digelar dan dibagikan pengguna, sembari mendatangkan bisnis. Dari kelas yoga yang diselenggarakan oleh studio lokal, rapat internal hingga konferensi besar, fitur baru ini untuk memenuhi basis pengguna Zoom yang berbeda.
Perusahaan ingin mendapat lebih banyak pendapatan dengan mendorong orang-orang menggunakan layanan berbayar di platformnya, dikutip dari Endgagdet. Adapun besarannya berkisar $150 hingga $64.900 per tahun (sekitar Rp2 juta hingga Rp933 juta), untuk langganan rapat kecil hingga untuk webinar besar.
Diketahui, selama ini banyak pengguna yang menggunakan layanan gratisnya hanya untuk sekadar mengobrol dengan temannya.
Saat diluncurkan musim panas ini, Zoom Events akan menawarkan alat bantu kepada pelanggan berbayar, termasuk “hub”—di mana pengguna bisa membuat daftar acara mendatang, baik itu pribadi atau publik.
Penyelenggara acara juga bisa memonetisasi acara dengan menyediakan tiket dan pendaftaran untuk pertemuan mereka. Ini mirip dengan fitur OnZoom yang sudah ada, yang telah diuji beta sejak musim gugur lalu terhadap bisnis dan wirausahawan kecil. Kini, Zoom ingin memperluas layanan ini.
Melalui OnZoom, Zoom ingin menjadi tempat online untuk berbagai atau lobi virtual acara fisik. Sehingga platform ini memungkinkan mempertemukan karyawan perusahaan, startup, klien, pers, penghobi, dan sebagainya.
Untuk membantu pengguna memperluas jangkauan acara mereka, Zoom akan mengunggahnya ke direktori publik agar acara bisa ditemukan orang lain. Pengguna pun bisa melihat statistik acara seperti kehadiran, pendaftaran, dan pendapatan, dengan kontrol tambahan atas akses dan penagihan.
Bersaing dengan Microsoft dan Google, Zoom ingin membuktikan bahwa pihaknya bisa terus berkembang. Dan, fitur baru seperti Zoom Events dinilai perusahaan bisa membuat pengguna tertarik, sehingga ini akan membantu perusahaan mencapai salah satu tujuannya: memperoleh pendapatan lebih.
(LH)