Aktivitas yang Diam-Diam Bikin Rambut dan Kuku Tampak Tak Terawat
Lifestyle & Sport

Aktivitas yang Diam-Diam Bikin Rambut dan Kuku Tampak Tak Terawat

Channel9.id-Jakarta. Coba perhatikan bagaimana kondisi rambut dan kukumu. Mungkin di antara kalian ada yang merasa kondisi keduanya baik-baik saja. Namun, ada juga yang tak demikian. Alih-alih membiarkannya saja, sebaiknya coba pastikan penyebab yang membuat keduanya tampak buruk dan tak terawat. Bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan yang Kamu lakukan belakangan ini, namun tak Kamu sadari bisa buruk bagi bagi rambut dan kukumu. Nah, apa mungkin berikut ini termasuk kegiatanmu?

1. Menyisir rambut basah
Jangan menyisir rambut saat masih basah. Menurut Self, rambut basah cenderung lebih lemah sehingga rentan rusak—seperti patah dan rontok—ketimbang saat menyisirnya ketika kering. Oleh karenanya, Kamu disarankan menyisir rambut jika sudah kering.

2. Pakai hair dryer dkk
Meski berguna untuk mengeringkan rambut yang basah, menggunakan hair dryer rupanya bisa merusak rambut. Ini karena suhunya yang terlalu tinggi untuk rambut. Penggunaan dengan intensitas yang sering bisa mnegurangi kandungan air pada rambut dan menyebabkan rambut rusak, kering, dan bercabang. Maka dari itu, sebaiknya batasi penggunaan hairdryer. Demikian pula menggunakan alat rambut lain yang panas seperti catokan.

3. Membersihkan rumah
Saat membersihkan rumah, hampir pasti Kamu menggunakan alat dan cairan pembersih. Nah, alat pembersih ini bisa membuat kuku menjadi kering, rapuh, mudah patah, dan berakhir rusak. Maka dari itu, Kamu disarankan untuk menggunakan sarung tangan khusus agar tangan dan kuku tidak rusak.

4. Terlalu sering keramas
Terlalu sering keramas bisa merusak lapisan kutikula rambut atau lapisan terluar rambut, dan mengeringkan helai rambut. Ini karena penggunaan sampo secara berlebihan akan menghilangkan minyak alami pada rambut, sehingga rambut jadi kusam dan kering. Kamu sebaiknya keramas tak terlalu sering, dan jangan lupa sesuaikan jenis sampo dengan keadaan rambut serta kulit kepala.

5. Memotong kutikula kuku
Di pinggir kuku terkadang muncul potongan menyerupai lapisan lilin berwarna putih. Ini disebut kutikula. Banyak orang yang memotong kutikula ini. Padahal ia berfungsi sebagai pelindung kuku dari infeksi jamur, kuman, dan bakteri yang berusaha menyelinap ke dalam kuku. Untuk itu, Kamu tak disarankan untuk memotong kutikula.

6. Berkebun
Berkebun sejatinya bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Namun, aktivitas ini juga bisa menyebabkan kuku rusak. Masalah ini bisa terjadi karena paparan sinar matahari, jamur, atau bakteri yang mengendap di dalam tanah. Guna mencegah masalah itu, sebaiknya gunakan sarung tangan saat sedang berkebun.

7. Kurang nutrisi
Kekurangan nutrisi juga akan memperburuk kondisi kuku dan rambut. Pasalnya, saat tubuh tak mendapat nutrisi yang tepat, rambut dan kuku tak bisa berkembang sebagaimana mestinya.

Misalnya, kekurangan zat besi diduga bisa menyebabkan rambut jadi menipis. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

44  +    =  50