Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tak Lewati Makan Malam
Lifestyle & Sport

Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tak Lewati Makan Malam

Channel9.id-Jakarta. Seberapa sering kamu melewati makan malam? Perlu kamu catat, rutinitas ini sebaiknya jangan dilewati. Sebab makan malam bakal memberi hal-hal baik, sementara melewatkannya justru bisa berdampak buruk.

Bagi orang yang sedang diet, melewati makan malam dianggap sebagai cara untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Selain itu, ada juga yang melewati makan malam karena tak sempat, malas, dan lain sebagainya. Intinya, apa pun alasannya, melewati makan pastinya bakal membuatmu sangat kelaparan.

Nah, kondisi sangat kelaparan itu berpotensi mengganggu waktu tidurmu. Bahkan bakal memengaruhi kesehatanmu di esok harinya, baik secara fisik maupun mental, lo. Meski begitu, sebetulnya, kelaparan menjelang tidur bukanlah masalah besar kalau hanya terjadi sesekali. Tapi kalau sudah jadi kebiasaan bakal berbahaya. Untuk lebih jelas bagaimana dampak tidur dalam keadaan kelaparan, coba simak penjelasan berikut ini.

1. Berpotensi kekurangan nutrisi
Makan malam akan melengkapi nutrisi harian yang kamu butuhkan. Namun, kalau kamu tak makan malam, maka kamu bisa kekurangan nutrisi, terutama mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B12, dan vitamin D3. Padahal tubuh kita membutuhkan zat-zat ini supaya bisa bekerja secara efisien. Maka dari itu, sebaiknya kamu tak lewati makan malam.

2. Bikin sulit tidur
Tidur saat kelaparan bakal bikin kamu susah tidur. Ini karena tubuh terkontrol secara hormonal dan saraf. Nah, kalau kamu kurang makan atau kelaparan, tubuhmu merasa harus makan kendati sudah memasuki waktu tidur. Alhasil, kamu jadi sulit tidur.

3. Berat badan bertambah
Bukannya bikin berat badan turun, melewati makan malah bikin berat badan bertambah, lo. Ini ketika melewatkan makan malam, tubuh akan menumpuk lemak. Tubuh bakal menyimpan lemak dan ini berujung pada bertambahnya berat badan.

Selain itu, kamu cenderung makan berlebihan pada esok harinya akibat lapar hebat semalamnya. Nah, ini juga bisa bikin berat badanmu bertambah, sebab kamu jadi kelebihan kalori.

4. Metabolisme terganggu
Selain itu, proses metabolisme bakal terganggu kalau terbiasa tidur saat kelaparan. Kondisi ini bakal mempengaruhi tingkat insulin pada tubuh serta kolesterol dan tingkat tiroid. Pasalnya, tak mengonsumsi makanan yang tepat di waktu yang tepat bakal mempengaruhi hormon. Imbasnya, kamu jadi rentan diserang berbagai penyakit.

5. Rentan stres atau marah
Tidur saat kelaparan bisa bikin kamu rentan stress dan marah di esok harinya. Apalagi kalau kamu juga melewati sarapan. Untuk diketahui, saat perut kosong, tingkat serotonin, yakni hormon yang memengaruhi rasa senang, cenderung rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6  +  2  =