Lifestyle & Sport

Awas, Kualitas Sperma Turun Gara-gara Anteng Liat Layar Ponsel dan TV

Channel9.id-Jakarta. Dewasa ini, kebutuhan manusia untuk mendapatkan informasi begitu mudah. Tak hanya berita, hiburan pun mudah diakses. Cukup dengan menggunakan smartphone, maka pengguna dapat memilih tayangan yang diinginkan.

Namun, bagi para pria yang gemar menggunakan ponsel di malam hari agar berhati-hati. Paparan sinar dari layar ponsel, disebut-sebut dapat meningkatkan risiko menurunkan kualitas sperma.

Dilansir Daily Mail, sebuah penelitian dari Sleep and Fatigue di Institute Assuta Medical Center, Tel Aviv, Israel, mengungkapkan bahwa paparan cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel dan tablet mengurangi konsentrasi sperma untuk ‘berenang’ menemukan sel telur.

“Penggunaan ponsel dan tablet di malam hari dan setelah melewati waktu tidur berkorelasi dengan penurunan kualitas sperma,” ujar pemimpin studi, Dr Amit Green, Minggu (30/08).

Penelitian juga menyebutkan, peringatan itu juga berlaku bagi pria yang begadang dengan menghabiskan waktu menonton TV.

“Ini adalah studi pertama yang melaporkan jenis korelasi antara kualitas sperma dan waktu paparan cahaya panjang gelombang pendek yang dipancarkan dari media digital, terutama ponsel dan tablet pada malam hari dan setelah waktu tidur,” kata Green.

Green menuturkan, para peneliti memperoleh sampel air mani dari 116 lelaki berusia antara 21 dan 59 tahun yang sedang menjalani tes kesuburan. Selanjutnya, para partisipan diminta untuk mengisi kuesioner tentang kebiasaan tidur mereka dan penggunaan perangkat elektronik yang mereka gunakan.

Tak hanya itu, penelitian ini juga menemukan hubungan antara durasi tidur lebih lama dan jumlah sperma lebih tinggi dan motilitas progresif yang lebih besar. Ini berarti, lelaki yang beristirahat cukup, maka semakin berkualitas pula sperma yang dihasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  67  =  72