Bangun Tidur Siang Kok Pusing? Mungkin Ini Sebabnya
Lifestyle & Sport

Bangun Tidur Siang Kok Pusing? Mungkin Ini Sebabnya

Channel9.id-Jakarta. Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk istirahat. Kamu yang biasanya tak bisa tidur siang, kini punya kesempatan untuk melakukannya. Kamu pun berharap tubuhmu kembali bugar dan segar setelah kelelahan di hari kerja. Namun, alih-alih manfaat ini yang Kamu dapat, Kamu malah pusing dan sakit kepala.

Kalau sudah begitu, Kamu malah menyesal tidur siang. Kamu pasti bertanya-tanya kenapa Kamu mengalami hal ini. Memang ada baiknya Kamu mencari tau, dengan begitu, Kamu bisa menghindari masalah ini di kemudian hari.

Nah, memangnya, apa saja sih penyebab pusing atau sakit kepala setelah tidur siang? Berikut ini beberapa kemungkinannya.

1. Kurang tidur
Kurang tidur malam bisa menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur. Ini karena tidur malam yang kurang tak bisa digantikan oleh tidur siang. Namun, di lain sisi, tubuhmu masih membutuhkan istirahat yang cukup.

2. Salah bantal
Salah pilih atau salah meletakkan bantal juga bisa menyebabkan sakit kepala. Jika bantal terlalu keras, misalnya, akan membuat otot leher tegang hingga terasa pegal dan sakit, yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Maka dari itu, pilihlah bantal yang bisa menopang kepala dan leher dengan nyaman.

3. Gangguan pernapasan
Gangguan pernapasan bisa menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur, termasuk bangun tidur di siang hari. Adapun gangguan ini ditandai dengan kebiasaan mendengkur selama tidur.

Mendengkur juga merupakan salah satu tanda sleep apnea. Kondisi ini membuat otot belakang tenggorokan mengendur, saluran pernapasan menyempit dan menutup saat bernapas. Hal ini bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Dengan demikian, kadar oksigen yang dibawa darah ke otak juga menurun. Inilah yang membuat seseorang pusing ketika bangun tidur.

Selain situ, penyakit pernapasan lainnya seperti TBC, emfisema, dan penyakit paru lainnya juga bisa membikin pusing ketika bangun.

Adapun untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Kamu jalani gaya hidup sehat dan menjalankan pengobatan yang tepat dari dokter.

4. Kebiasaan menggertak gigi
Kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur terjadi tanpa disadari. Kondisi ini sering menjadi penyebab sakit kepala. Pasalnya, ini bisa menyebabkan otot pipi, dagu, hingga pelipis tertarik lebih dari biasanya hingga membuat sakit kepala ketika bangun. Adapun orang yang punya kebiasaan ini biasanya punya gangguan tidur, seperti sleep apnea.

Untuk mengatasi hal ini, Kamu bisa menggunakan pelindung mulut dan mencoba bermeditasi jika kebiasaan ini muncul karena stres.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  15  =  16