Bank Sentral Menaikkan Giro Wajib Minimum Bank Konvensional
Ekbis Hot Topic

Bank Indonesia Borong SBN di Pasar Perdana Rp 30 Triliun

Channel9.id-Jakarta. Bank Indonesia membeli surat berharga negara (SBN) di pasar perdana sebesar Rp30,17 triliun sejak Januari hingga 23 Mei 2022. Langkah tersebut sebagai komitmen untuk melanjutkan pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional. “Pembelian SBN dilakukan melalui mekanisme lelang utama, greenshoe option, dan private placement,” tutur Gubernur BI Perry Warjiyo, Selasa, 24 Mei 2022.

Menurut dia, pembelian SBN di pasar perdana mencerminkan koordinasi fiskal dan moneter sebagaimana tertuang dalam Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia yang berlaku hingga 31 Desember 2022. Untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, koordinasi kebijakan moneter dan fiskal akan terus ditingkatkan.

Pembelian, kata Perry, termasuk komitmen BI dalam pembelian SBN sebesar Rp224 triliun untuk pembiayaan kesehatan dan kemanusiaan dalam APBN 2022. “Demikian pula, koordinasi di bawah Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) serta koordinasi bilateral antara Bank Indonesia dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus diperkuat dalam menjaga stabilitas sistem keuangan,” ujarnya.

Menurut Perry, perbaikan ekonomi domestik kini terus berlanjut ditopang oleh penguatan permintaan domestik dan tetap kuatnya ekspor. Pertumbuhan ekonomi triwulan I-2022 tetap kuat, yakni 5,01 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), melanjutkan momentum pemulihan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,02 persen (yoy).

Dengan demikian, bank sentral memperkirakan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan tumbuh dalam rentang 4,5 persen sampai 5,3 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9  +  1  =