Nasional

Bareskrim Polri Buat Hotline, Kabareskrim: Masyarakat Bisa Mengadu

Channel9.id-Jakarta. Masyarakat yang merasa kasusnya tidak ditangani secara profesional di kepolisian, kini dapat melapor ke hotline atau pengaduan masyarakat.

Hotline ini dibuka Bareskrim Polri, sebagai kontrol agar perkara yang ditangani bisa dilakukan secara profesional. Hotline ini pun aktif sejak Rabu, 18 Desember 2019, yakni dua hari setelah Kabareskrim baru dilantik Kapolri Idham Azis.

“Ini lebih pada fungsi kontrol untuk internal untuk masyarakat yang ingin mengadukan terkait kegiatan penanganan perkara,” ungkap Kabareskrim Irjen Listyo Sigit Prabowo, Kamis (26/12/2019).

Sigit menyebut pihaknya membuka tiga saluran pengaduan, yakni melalui nomor ponsel 0811216777, alamat e-mail yanmas.bareskrim@gmail.com, dan Twitter @yanmas_reskrim.

“Aduan itu akan langsung masuk ke tim saya. Yang mengelola itu orang-orang yang langsung di bawah saya. Yang mengelola kurang-lebih 15 orang,” kata Sigit.

Sigit mencontohkan, apabila ada yang melapor kasus ‘tidak berjalan’, ia akan mengecek tim yang menangani kasus tersebut.

“Nantinya saya bisa lihat misalnya ada yang, ‘Pak, saya ada kasus di sini, tapi kasusnya tidak berjalan’, lalu ternyata ada lagi aduan yang ditujukan ke objek yang sama. Nah, berarti ada sesuatu, saya akan tanyakan ke penyidik tersebut ada apa,” sambungnya.

Sigit mengatakan setiap pekan akan digelar rapat bersama para direktur tindak pidana di Bareskrim. Ia akan menyampaikan aduan-aduan tersebut kepada masing-masing direktur agar segera ditindaklanjuti.

“Kalau misalnya kasusnya di sini (Bareskrim), bisa langsung saya konfirmasi ke para direktur. Kalau kasusnya di luar (Bareskrim), saya akan minta para direktur menindaklanjuti ke jajarannya di daerah-daerah,” tegasnya.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9  +  1  =