Hot Topic Nasional

BPBD: Korban Meninggal Gempa Sumbar Jadi Enam Orang

Channel9.id – Jakarta. BPBD Sumbar menyampaikan, enam orang meninggal akibat gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat.

“Tiga orang dari Kabupaten Pasaman. Tiganya lagi di Kabupaten Pasaman Barat,” ungkap Rumainur, Kepala Bidang Kedaduratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 25 Februari 2022.

BPBD belum bisa merinci lebih lanjut terkait identitas korban. Hanya saja, tiga korban di Pasaman merupakan dua anak dan satu perempuan.

Baca juga: Gempa Sumbar, BNPB: 2 Meninggal, 20 Luka-luka

Selain korban meninggal, lanjut Rumainur, puluhan orang juga mengalami luka-luka ketika menyelamatkan diri dari gempa Magnitudo 6,2 tersebut. Menurutnya rumah warga juga banyak yang roboh, namun pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah bangunan yang rusak.

Sebelumnya, rangkaian gempa di atas Magnitudo 5 terjadi di Pasaman Barat, Sumbar, pagi tadi. Gempa terkuat mencapai M 6,2.

Kepala Pelaksanan (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman, Alim Bazar menyampaikan, korban luka-luka dan meninggal dunia saat ini berada di Puskemas Ladang Panjang.

“Korban meninggal dunia dan luka-luka di akibatkan terhimpit bangunan yang roboh akibat gempa tersebut,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini situasi di Puskesmas Ladang Panjang masih dalam kepanikan, akibat masih adanya beberapa gempa susulan setelah gempa 6.2 SR sebelumnya.

“Sebagian pasien masih ada yang berada di luar ruangan puskesmas, akibat masih ada gempa susulan, dan daya tampung Puskesmas yang sedikit,” ujar Alim Bazar.

Kata Alim Bazar, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Pasaman, dan akan mendirikan tenda darurat untuk korban gempa tersebut.

Dia menjelaskan untuk saat ini, data pasti kerusakan dan korban akibat gempa tersebut belum bisa diketahui, karena personel dari BPBD Pasaman masih turun ke lokasi memantau keadaan.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  70  =  71