Hot Topic Nasional

BPDB: Ada 27 Orang Meninggal Akibat Banjir di Sumbar

Channel9.id – Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat melaporkan informasi terbaru terkait banjar bandang yang terjadi Sumatera Barat. Saat ini tercatat sebanyak 27 orang meninggal dunia akibat banjir yang menerjang, 16 orang berasal dari kabupaten Agam dan 11 orang adalah warga Tanah Datar.

“Daerah asal korban jiwa ini baru data sementara karena sebagian masih belum teridentifikasi,” Juru Bicara BPBD Sumatera Barat, Ilham, Minggu (12/5/2024).

Sebagian besar korban jiwa dibawa ke dua rumah sakit, yakni RS Achmad Bukittinggi dan RSUD Tanah Datar. Sementara sebagian korban lagi telah dibawa ke rumah duka.

Ilham menjelaskan tim gabungan masih berada di lapangan. Sebab diperkirakan masih ada sejumlah korban yang belum ditemukan.
Di Kabupaten Tanah Datar, lima kecamatan dilanda banjir. Mulai dari Kecamatan X Kota, Batipuh, Pariangan, Lima Kaum, dan Sungai Tarab.

Banjir yang terjadi sejak Sabtu malam (11/5/2024), disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi.

“Kaji cepat sementara tercatat 25 KK terdampak, 24 unit rumah warga terdampak, dan 12 unit jembatan terdampak,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Evakuasi terus dilakukan melibatkan BPBD Tanah Datar dan unsur terkait. Abdul menjelaskan fokus penanganan darurat hingga siang tadi adalah melakukan pencarian, pertolongan, serta membersihkan endapan lumpur bekas banjir yang ada di jalanan.

“Oleh karena itu, selain upaya pencarian dan pertolongan, tim gabungan pada hari ini juga berupaya melakukan pembersihan ruas jalan Batusangkar – Padang Panjang yang terdampak endapan lumpur. Alat berat dikerahkan guna percepatan pembersihan akses jalan ini,” katanya.

IG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8  +  2  =