Cara Tingkatkan Stamina Biar Gak Gampang Lelah
Lifestyle & Sport

Cara Tingkatkan Stamina Biar Gak Gampang Lelah

Channel9.id-Jakarta. Selagi Kamu masih hidup, apa pun yang Kamu lakukan pasti membutuhkan energi. Sementara itu, kuat atau tidaknya Kamu untuk melakukan aktivitas dalam durasi tertentu dipengaruhi oleh staminamu.

Kalau stamina menurun, tentunya Kamu loyo dan semangat untuk beraktivitas juga sirna. Meski begitu, tak semua orang punya stamina yang sama. Adapun faktor utama yang menentukan tingkatan stamina seseorang adalah gaya hidup. Jika stamina rendah, maka seseorang bakal cepat lelah, rentan stres, bahkan cedera. Sementara itu, semakin tinggi stamina, maka seseorang bakal lebih kuat menghadapi hal-hal itu.

Adapun memiliki stamina yang rendah tentunya bisa menghambat produktivitas, lo. Nah, bagaimana dengan Kamu? Kalau staminamu rendah, jangan khwatir. Kamu masih bisa meningkatkan staminamu, kok. Bagaimana caranya? Mari simak tips berikut ini.

1. Konsumsi kafein
Kamu bisa mengonsumsi kafein agar staminamu bertambah. Kandungan ini bisa meningkatkan fungsi peredaran darah, sistem hormon, aktivitas otot, suhu tubuh, hingga pembakaran lemak.
Meski begitu, Kamu mesti batasi asupan kafein yakni maksimal 400 miligram per atau 4 cangkir kopi per hari.

2. Rutin olahraga
Olahraga rutin dalam jangka panjang bisa meningkatkan staminamu, lo. Jika rutin dilakukan, Kamu akan merasa peningkatan level energi, kualitas tidur, dan fungsi otak. Kamu bisa mencoba jenis olahraga apa pun, seperti jalan kaki, kardio, high-intensity interval training (HIIT), atau angkat beban.

3. Meditasi dan yoga
Selain bikin rileks, kedua aktivitas ini bisa meningkatkan staminamu, lo. Jika dilakukan dengan rutin, stamina akan meningkat.

4. Tingkatkan intensitas olahraga dan kurangi jeda istirahat
Cobalah tingkatkan intensitas pemanasan dan olahraga agar tubuh terbiasa. Lalu batasilah waktu jeda istirahat saat olahraga 30-90 detik, untuk membangun ketahanan otot dan stamina. Cara ini membantu staminamu meningkat dan Kamu pun jadi tak mudah lelah.

Itulah sejumlah tips untuk meningkatkan staminamu. Stamina yang tinggi akan membuatmu tetap fokus dan berenergi selama beraktivitas. Kalau tips di atas tak mempan, cobalah konsultasikan dengan dokter. Sebab bisa jadi Kamu punya masalah kesehatan yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  16  =  17