Lifestyle & Sport

Cegah Penularan Covid-19, Pakar Menyarankan Konsumsi Makanan Probiotik

Channel9.id-Jakarta. Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Profesor Subijanto Marto Sudarmo, mengatakan untuk mencegah penularan pandemic Covid-19 adalah dengan menjaga sistem imunitas tubuh. Salah satu cara dalam menjaga imunitas adalah dengam menjaga mikrobiota yang ada didalam tubuh manusia, agar pribiotik dalam tubuh tetap terjaga.

Subijanto menjelaska kandungan dari makanan probiotik dan prebiotik dapat membentuk imunitas sehingga mampu melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. “Merawat mikroba baik mungkin lebih penting daripada menghancurkan mikroba jahat. Kita tidak bisa hidup tanpa mikroba, karena jika membersihkan mikroba maka kita akan lemah dan tidak bisa hidup menjadi manusia,” ujarnya, Jumat, 15 Mei 2020.

Subijanto menjelaskan terdapat sekitar 1100 miliar mikroba yang hidup di usus manusia. Hal ini menjadikan usus merupakan organ penting dalam sistem kesehatan manusia. Untuk itu, menjadi baik apabil la manusia dapat mengkonsumsi makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik (probiotik) dalam tubuh manusia supaya jumlahnya tetap terjaga.

Menurut Subijanto dengan mempertahankan 80 persen mikroba baik di usus dan membiarkan 20 persen mikroba jahat, maka manusia akan sehat dan terhindar dari banyak penyakit. “Jadi sangat penting mengkonsumsi makanan berfermentasi agar asupan prebiotik tetap terjaga,” ujarnya.

Pemerhati kesehatan Ge Recta Geson mengatakan saat ini manusia mau tidak mau harus erdamai dengan virus corona karena belum ditemukan vaksin Covid-19 belum ditemukan. Salah satu caranya adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun. “Mikrobiota yang ada dalam saluran cerna akan menstimulasi sel limfatik pada usus untuk memproduksi 70-80 persen imun yang beredar dalam tubuh,” kata dia.

Mikrobiota, kata Ge Recta, akan memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam gut. Pada gilirannya imun yang optimum ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ. “Sehingga manusia bisa terhindar dari segala macam penyakit,” kata Ge Recta yang juga Presiden Diretur PT Agro Mitra Alimentare (AMA).

Ge Recta mengatakan salah satu cara dalam meningkatkan imun yang optimal adalah dengan mengonsumsi konsentrat minuman sehat probiotik.Minuman sehat dapat meningkatkan produksi bakteri baik di saluran pencernaan yang nantinya akan meningkatkan kekebalan. Dia memcontohkan konsentrat minuman sehat probiotik PRO EM 1 sebagai salah satu alternatif tersebut. “Sekitar 80 persen imun ini akan menyebar ke seluruh tubuh. Nah, imun ini akan mengendalikan semua mikroba di tubuh,”ujarnya.”Jadi kalau mikroba itu tidak ada yang dominan, semua dalam kondisi yang wajar, maka pasti tidak akan ada penyakit.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  5  =  12