Cina Akan Ambil Langkah Tegas jika Taiwan Kejar Kemerdekaan
Internasional

Cina Akan Ambil Langkah Tegas jika Taiwan Kejar Kemerdekaan

Channel9.id-Cina. Cina akan ambil langkah tegas jika Taiwan berniat memperjuangkan kemerdekaannya, ungkap seorang pejabat Cina pada hari Rabu (29/12/2021). Ia juga menambahkan kalau provokasi dan campur tangan dari luar juga akan memanaskan situasi di Taiwan.

Seperti yang sudah diketahui, Cina mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan selama dua tahun belakangan ini, Tiongkok terus menekan pulau demokrasi tersebut agar mau tunduk dibawah kekuasaannya. Hal ini tentunya membuat gusar Taiwan dan juga AS.

Cina mau mengerahkan segalanya untuk melakukan reunifikasi yang damai dengan Taiwan, namun juga menegaskan kalau mereka akan bertindak tegas jika Taiwan mau mengusahakan kemerdekaannya, ujar juru bicara Kantor Urusan Taiwan, Ma Xiaoguang, kepada media pers.

“Jika pasukan separatis di Taiwan berniat untuk mendeklarasikan kemerdekaan, mengerahkan kekuatannya atau bahkan melewati batas, kita akan mengambil tindakan tegas,” ujar Ma.

Taiwan saat ini menjadi isu utama atas hubungan yang renggang antara Cina dan Amerika Serikat. Cina berulang kali menyatakan kalau isu Taiwan itu merupakan isu yang sensitif dengan Amerika Serikat.

Ma menambahkan kalau pasukan pro-kemerdekaan dan intervensi eksternal dapat meningkatkan ketegangan yang lebih tajam dan panas lagi dalam beberapa bulan kedepan.

“Tahun depan, situasi di Selat Taiwan akan menjadi lebih kompleks dan parah,” ujarnya.

Cina juga sudah berulang kali mengirimkan pasukan udaranya ke Selat Taiwan dalam beberapa bulan ini untuk menekan Taiwan. Taiwan menyatakan kalau mereka tidak akan tunduk dengan tindakan intimidatif tersebut.

Walaupun Amerika Serikat mengakui hanya ada satu Cina, mereka terikat hukum untuk memberikan Taiwan perlengkapan dan kemampuan-kemampuan untuk melindungi dirinya sendiri dan sudah lama ini mengikuti “strategi ambiguitas” mengenai apakah mereka akan mengintervensi secara langsung atau tidak saat Cina menginvasi Taiwan.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1  +  5  =