Opini

Daya Pikat Selebritas di Investasi Bodong

Oleh: Rahmat Edi Irawan*

Channel9.id-Jakarta. Dalam ilmu komunikasi, salah satu penyampai pesan yang terbaik adalah oponion leader. Pada masyarakat tradisional atau tertutup, biasanya posisi opinion leader tersebut adalah ketua adat, pemuka agama atau sesepuh yang dihormati masyarakat setempat.

Para opinion leader inilah yang biasanya menyampaikan pesan-pesan pada para anggotanya. Karena pengaruh yang mereka miliki.

Sementara pada masyarakat modern atau terbuka, biasanya opinion leader ini ditempati para pesohor, influencer atau para penggiat media sosial. Lewat berbagai media, orang-orang ternama ini mempengaruhi masyarakat.

Semakin terkenal nama-nama para pesohor itu semakin banyak juga orang yang mudah dipengaruhi dengan lewat berbagai sikap, kata-kata atau perbuatan yang mereka tunjukkan lewat media-media tersebut.

Merujuk pada kajian ilmu komunikasi di atas, rasanya tidak heran jika dalam sebulan terakhir kita disuguhi berbagai pemberitaan terkaitnya para selebritis kita dalam kejahatan investasi bodong.

Masyarakat moderen yang terbiasa menggunakan logika, dalam kenyataannya masih mudah dibujuk rayu menanamkan uangnya di investasi ecek-ecek, setelah model investasinya dipromosikanatau dikatakan oleh para pesohor tersebut.

Setelah Indra Kenz dan Doni Salmanan, yang sudah dinyatakan sebagai tersangka, beberapa artis juga sudah dipanggil dan diperiksa sebagai saksi, bahkan sebagian dari mereka, sudah diminta untuk mengembalikan sejumlah uang yang mereka terima dari hasil kejahatan investasi bodong.

*Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bina Nusantara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1  +  9  =