Politik

Demokrat Sebut KIM Sepakat Usung RK di Pilgub Jakarta, Dedi Mulyadi di Jabar

Channel9.id – Jakarta. Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sementara bersepakat untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pilgub Jakarta dan Dedi Mulyadi di Pilgub Jawa Barat.

“Ya (sepakat), sementara pembicaraan seperti itu,” ujar Herman di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Meski begitu, Herman menyampaikan kesepakatan tersebut belum final dan dinamika politik menjelang pendaftaran pasangan cagub-cawagub akan terus dipantau dan dipertimbangkan. Ia menyebut RK kini juga masih mempertimbangkan langkahnya ke depan.

Herman mengungkapkan, nama Ridwan Kamil sudah sering dibicarakan oleh para pimpinan KIM. Hanya saja, lanjutnya, Partai Golkar masih mempertimbangkan Ridwan Kamil maju di Jakarta atau Jabar.

“Menurut saya memang ini harus didudukkan kembali karena sekali lagi memimpin Jakarta tentu butuh orang yang punya pengalaman, punya pengetahuan, dan punya kapabilitas serta kapasitas untuk ke depannya,” tutur Herman.

“Oleh karenanya partai-partai terus mengeksplor tentunya karena belum ada kepastian sampai hari ini dan tidak ada partai yang cukup untuk mengusung sendiri, oleh karenanya harus berkoalisi,” lanjutnya.

Selain itu, kata Herman, tergantung kesiapan Ridwan Kamil untuk bertarung di Pilgub Jakarta. Namun, dia mengaku Ridwan Kamil lebih condong ingin bertarung di Pilgub Jakarta.

“Saya juga pernah bertemu dengan Pak Ridwan Kamil dan ia juga menimbang-nimbang ketika di Jakarta, tetapi kan belum ada kepastian saja, kita belum lihat,” tandas Herman.

“Saya juga barusan ketemu dengan Pak Dedi Mulyadi. Ini Pak Dedi mau kemana? Ke Jawa Barat. Pak Ridwan Kamil mau kemana? Pulang ke Jakarta, masih pembicaraanlah dan menurut saya ini anggap dinamika saja nanti pada akhirnya tentu partai-partai akan memutuskan, berkoalisi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Herman menyampaikan Demokrat juga mempertimbangkan kadernya untuk diusung di Pilkada Jakarta nanti. Ia mengatakan Demokrat masih terus menggodok nama yang nantinya akan diputuskan untuk diusung.

“Sampai saat ini untuk DKI Jakarta kami masih menggodok, di internal kan ada kandidat juga ada Pak Mujiyono, Pak Dede Yusuf kemudian ada Mbak Cellica. Banyaklah,” ucapnya.

Diketahui, Ridwan Kamil masuk dalam bursa Pilkada Jakarta dan Jawa Barat 2024. Sejauh ini, kader Partai Golkar itu mengantongi surat penugasan dari partainya untuk maju di dua provinsi tersebut.

RK menghabiskan sebagian besar karir politiknya di Jabar, ia merupakan mantan gubernur dan juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Oleh karena itu, Golkar lebih condong mendorong RK untuk maju di Jabar sebagai calon petahana.

Kendati demikian, sejumlah partai besar juga melirik RK untuk maju di Jakarta. Gerindra dan PAN misalnya yang mengusulkan RK untuk maju di Jakarta.

Baca juga: Sahroni: NasDem soal Pilgub DKI, Kalau Hanya Lawan Ridwan Kamil Sangat Mudah

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  88  =  96