Lifestyle & Sport

Dipaksa Karantina, Elkan Baggott Absen Lawan Vietnam

Channel9.id – Jakarta. Bek andalan skuat Garuda, Elkan Baggott dipastikan harus masuk karantina mandiri atas perintah dari Pemerintah Singapura jelang partai melawan Vietnam di lanjutan Piala AFF 2020

Bek Timnas Indonesia itu disebut berada satu pesawat dengan penumpang yang positif COVID-19 dalam perjalanan dari Inggris.

Elkan Baggott telah tiba di Singapura sejak 8 Desember 2021 untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pemain Ipswich Town U-23 itu juga sempat bermain selama 45 menit ketika melawan Laos pada 12 Desember 2021.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku di Singapura, Elkan Baggott harus menjalani masa karantina selama lima hari. Tak hanya Elkan Baggott, seluruh penumpang yang menggunakan pesawat sama juga dikarantina.

Kabar soal Timnas Indonesia akan kehilangan Elkan Baggott karena masuk Quarantine Order (QO) dibenarkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Pemain berusia 19 tahun itu akan menjalani karantina sampai 18 Desember 2021.

KBRI mendapatkan laporan dari Timnas Indonesia dan panitia penyelenggara Piala AFF 2020 seputar situasi Elkan Baggott. Sang pemain disebut berada satu pesawat dalam penerbangan London ke Singapura dengan orang yang terkonfirmasi COVID-19.

“Betul, yang bersangkutan satu pesawat dengan penumpang positif COVID-19 dalam penerbangan dari London, Inggris. Tidak hanya dia, seluruh penumpang langsung mendapatkan karantina,” kata Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari Harjana, Selasa 14 Desember 2021.

“Kami sudah mengetahui dari pihak Timnas Indonesia yang memang selalu berkoordinasi dengan kami dan juga penyelenggaran. QO dilakukan per 13 Desember,” tegas Ratna Lestari Harjana.

Kabar ini tentu menjadi mimpi buruk buat Timnas Indonesia. Apalagi kehadiran Elkan Baggott sangat krusial dalam dua laga terakhir yang akan dimainkan di Piala AFF 2020 yakni melawan Vietnam (15/12/2021) dan Malaysia (19/12/2021).

Peluang Elkan Baggott untuk kembali membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 bakal ditentukan oleh nasib tim. Elkan Baggott diprediksi menyelesaikan masa karantina pada 18 Desember 2021 dan belum tentu dimainkan pada laga pamungkas melawan Malaysia.

Pelatih Shin Tae-yong tentu harus memutar otak menemukan formula yang tepat dalam menambal lubang yang ditinggalkan Elkan Baggott. Bila Timnas Indonesia tersingkir, maka Elkan Baggott tak akan lagi membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Namun, Elkan Baggott bakal melanjutkan penampilannya di turnamen itu bila Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Timnas Indonesia saat ini punya peluang melaju ke babak selanjutnya bila mampu meraih hasil positif pada dua laga sisa.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memilih bungkam terkait situasi yang dialami Elkan Baggott. Shin Tae-yong berjanji baru mengungkapkannya setelah laga melawan Vietnam.

“Kami mempersiapkan pertandingan melawan Vietnam dengan baik,” kata Shin Tae-yong membuka konferensi pers virtual sebelum laga, Selasa (14/12/2021).

“Namun, ada beberapa sesuatu yang terjadi, namun tidak diinginkan oleh kami. Kalau tidak ada hal-hal seperti ini, mungkin akan lancar saja,” jelas Shin Tae-yong.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9  +  1  =