Connect with us

Lifestyle & Sport

Efek Kurang Tidur Pada Kulit Wajah

Published

on

Efek Kurang Tidur Pada Kulit Wajah

Channel9.id-Jakarta. Kamu mungkin kesal kulit wajahmu masih bermasalah, meski sudah melakukan perawatan yang intensif—mulai dari cuci wajah, menggunakan masker, hingga menggunakan krim. Bahkan, Kamu kerap mengganti produk perawatan kulitmu karena Kamu pikir produk yang Kamu pakai tak cocok.

Sebelum mengganti produk, ada baiknya Kamu ingat-ingat terlebih dahulu kebiasaan tidurmu. Apakah Kamu sering begadang dan kurang tidur? Jika ya, bisa jadi hal ini yang membuat kulitmu tak kunjung membaik dan malah bermasalah, seperti berjerawat hingga kusam.

Untuk diketahui, menurut para ahli, orang dewasa idealnya tidur selama 7-9 jam setiap malam. Sayangnya, tak semua orang bisa menerapkannya. Padahal tidur cukup juga termasuk sebagai langkah perawatan kulit wajah agar tetap sehat. Nah, jika kurang tidur, Kamu bisa mendapat masalah kulit berikut ini.

1. Wajah tampak tua
Kebiasaan kurang tidur bisa membuat kulit wajahmu kendur dan berkerut, sehingga tampak lebih tua. Ini terjadi karena saat kurang tidur, jumlah kolagen yang diproduksi tubuh tidak optimal. Padahal produksi kolagen akan lebih optimal jika Kamu tidur cukup.

Untuk diketahui, kolagen sendiri merupakan protein yang berperan dalam proses regenerasi kulit serta menjaga kulit tetap elastis dan terhidrasi. Zat ini juga membantu menjaga kesehatan dan peremajaan kulit, sekaligus mencegah penuaan dini. Nah, maka dari itu, usahakan tidur cukup sekitar 7-9 jam per malam.

Kamu tak mau terlihat lebih tua dengan teman sebaya hanya karena kurang tidur ‘kan?

2. Berjerawat
Kurang tidur akan memengaruhi kondisi mentalmu juga, lo. Kamu bisa stres dan depresi. Nah, stres akibat kurang tidur ini bisa memicu peningkatan produksi hormon kortisol—yang juga memengaruhi pada tingkat stres. Jika hormon ini terlalu tinggi, tubuh jadi terhadap peradangan, salah satunya peradangan pada kulit. Jika sudah demikian, risiko munculnya jerawat pada wajah akan semakin besar.

3. Lingkar hitam di mata
Semua orang memiliki pembuluh darah yang tipis di area bawah mata. Jadi setiap kali Kamu kurang tidur atau kelelahan, pembuluh darah tersebut akan melebar dan menghitam secara alami. Dengan demikian, semakin sering Kamu kurang tidur, semakin terlihat pula pembuluh darah di area bawah mata

Tak hanya itu, sering kali mata tampak bengkak saat kurang tidur. Ini terjadi karena adanya retensi cairan pada jaringan lunak di sekitar mata. Terutama jika Kamu mengonsumsi makanan mengandung garam sebelum tidur.

4. Kulit kusam
Kurang tidur juga akan membuat kulitmu tampak kusam. Pasalnya, saat kurang tidur, daya tahan tubuh akan melemah sehingga risiko peradangan kulit meningkat. Hal ini akan memengaruhi produksi kolagen serta asam hialuronik yang berfungsi mempertahankan kecerahan kulit. Semakin sedikit produksi keduanya, kulit akan semakin kusam.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tumbangkan Argentina, Voli Putra Prancis Hadapi ROC di Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra Prancis berhasil mengalahkan Argentina pada babak semi final Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dengan kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke babak final. Prancis akan berhadapan dengan ROC (Komite Olimpiade Rusia) untuk merebut medali emas.

ROC lebih dahulu lolos ke babak final usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23).

Adapun Prancis melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22) dalam pertandingan di Ariake Arena, Tokyo.

Prancis, yang hanya menempati peringkat kesembilan di Olimpiade Rio 2016, tampil meyakinkan di babak semifinal.

Jean Patri tampil menonjol di antara pemain Prancis lain. Dia menyumbang 15 poin, termasuk 11 dari smash dan 2 dari block. Pemain lain yang juga berperan besar adalah Trevor Clevenot yang menyumbang 14 poin.

Di kubu Argentina, kecemerlangan Facundo Conte tak ditunjang rekan setimnya. Dia menyumbang 13 poin, tapi rekan-rekannya tak ada yang mampu meraih lebih dari 10 poin.

Partai final bola voli putra Olimpiade Tokyo akan berlangsung Sabtu 7 Agustus, setelah perebutan perunggu usai digelar.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Kalahkan Brasil, Voli Putra ROC Melaju ke Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra ROC (Komite Olimpiade Rusia) berhasil ke final usai mengalahkan Brasil di babak semi final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim asuhan Tuomas Sammelvuo ini mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23) waktu dua jam delapan menit.

Berlaga di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Kamis 5 Agustus 2021 siang WIB, Maxim Mikhaylov menjadi bintang kemenangan ROC dengan mencetak 22 poin. Egor Kliuka dan Ivan Iakovlev juga memberi andil besar dengan masing-masing mencetak 15 serta 12 poin.

Bagi Brasil, kekalahan ini membuat Wallace De Souza dan kolega agal mempertahankan medali emas Olimpiade. Namun, tim asuhan Renan Dal Zotto masih berpeluang meraih medali perunggu.

Di Final nanti, ROC akan berhadapan dengan Prancis. Prancis lolos ke final usai mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22).

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sprinter Jamaika Hansle Parchment Raih Medali Emas 110m Lari Gawang

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Sprinter Jamaika, Hansle Parchment merebut medali emas pada laga final 110 meter lari gawang putra Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dia berhak meraih medali emas usai mengalahkan juara dunia asal Amerika Serikat, Grant Holloway. Holloway harus puas dengan medali perak. Sedangkan, medali perunggu kembali direbut atlet Jamaika, Ronald Levy.

Parchment mencatat waktu 13,05 detik untuk menjadi juara baru Olimpiade. Holloway yang sebenarnya mengawali lomba sebagai pelari tercepat, terpeleset pada dua rintangan terakhir.

Hal itu membuat Holloway finis urutan kedua dengan catatan waktu 13,09 detik, sedangkan Ronald Levi menyusulnya di belakang dengan membukukan waktu 13,10 detik.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC