Festival Makarsankranti, Ribu Warga India Berkumpul di Sungai Gangga
Internasional

Festival Makarsankranti, Ribu Warga India Berkumpul di Sungai Gangga

Channel9.id-India. Ratusan ribu penganut agama Hindu di India diperkirakan akan berkumpul di pinggir sungai Gangga untuk melakukan pemandian suci walaupun kasus virus corona dalam beberapa bulan terakhir telah naik sampai hampir 30 kali lipat, Jumat (14/1/2022).

Sejumlah besar jemaat Hindu dikabarkan akan merendamkan diri mereka di sungai suci yang mengalir melalui negara bagian Bengal Barat, yang mana merupakan daerah kasus corona terbesar di India setelah negara bagian Maharashtra.

Di negara bagian terpadat di India, Uttar Pradesh, ribuan jemaat nampaknya juga akan berkumpul di pinggir sungai Gangga yang mengalir melalui kota suci mereka, Prayagraj, di saat mereka merayakan festival Makarsankranti.

Pada Jumat pagi, terlihat banyak jemaat yang tak memakai masker berjalan menuju Sungai Gangga, diwarnai dengan penjual bunga dan pedagang-pedagang lainnya di pinggir jalan, berusaha mencari keuntungan di acara besar tersebut.

Tahun lalu, acara keagamaan besar di daerah utara India telah memicu meroketnya kasus virus corona di India.

Saat ini, India lagi-lagi harus menghadapi kenaikan kasus Covid-19, yang kebanyakan dipicu oleh varian Omicron. Walaupun begitu, angka pasien rumah saktinya masih rendah, dengan kebanyakan warga sudah sembuh hanya dengan istirahat di rumah.

Pada hari Jumat, Kementerian Kesehatan melaporkan 264,202 kasus Covid-19 baru dalam kurun waktu 24 ja, membuat total kasus di India mencapai 36.58 juta.

Kemenkes India juga menyatakan angka kematian Covid-19 di India naik sampai 315, menjadikan total kematian sejak awal pandemi menjadi 485,350.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2  +  2  =