Techno

Harga iPhone Akan Terus Naik Setiap Tahun

Fast Company melaporkan, Apple rencananya akan menggunakan chip modem 8161 milik Intel untuk iPhone 2020-nya. Intel pun berencana untuk membuat chip modem 8161 menggunakan proses fabrikasi 10nm, yang meningkatkan kepadatan transistor untuk kecepatan efisiensi.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Intel pun bakal menjadi penyedia tunggal untuk modem iPhone.

Namun, sebelumnya Intel telah mengembangkan pendahulu chip 8161, yakni 8060 yang dipakai untuk membuat prototipe iPhone 5G.

Sayangnya, chip 8060 tersebut tak mampu menahan suhu panas. Sementara, banyak operator termasuk Verizon dan AT & T pada awalnya mengandalkan gelombang milimeter spektrum 28Ghz dan 38Ghz untuk menghubungkan smartphone ke jaringan 5G.

Kendati demikian, sinyal gelombang milimeter membutuhkan pengangkatan berat dari chip modem.

Hal ini membuat pelepasan tingkat energi panas yang lebih tinggi dari kondisi normal dalam ponsel. Karena chip 8060 tak bisa menahan panas dari pelepasan suhu tersebut, bagian luar smartphone pun mengalami panas.

Apple kabarnya juga menyiapkan Plan B jika Intel tak bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan chip modemnya.

Plan B yang dimaksud adalah Apple ancang-ancang untuk bekerja sama dengan pembesut chip lainnya yakni MediaTek, yang mungkin bakal didapuk jadi pembesut chip modem 5G untuk Apple.

MediaTek memang selama ini mengembangkan modem 5G, namun biasanya perusahaan ini membesut modem untuk perangkat mid-range, bukan flagship, termasuk iPhone.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Berita video momen Marc Marquez membuat Andrea Iannone tampak kesal saat kualifikasi MotoGP Malaysia, Sabtu (3/11/2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19  +    =  25