Indonesia Mau Pamer 5G di Acara MotoGP
Techno

Indonesia Mau Pamer 5G di Acara MotoGP

Channel9.id-Jakarta. MotoGP akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2022 mendatang. Bersamaan dengan itu, penggelaran acara tersebut jadi ajang bagi Indonesia untuk memamerkan 5G. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

“Seperti event sebelumnya, yaitu di PON Jayapura, di Mandalika juga akan dilakukan penggelaran 5G experience,” ujar Johnny, Senin (27/12).

Baca juga: Traffic Data Seluler Naik, 5G Makin Dilirik

Namun, pengalaman 5G itu nantinya hanya bisa digunakan oleh perangkat tertentu.

“5G experience ini akan menggunakan spektrum 2,3 GHz yang hanya berfungsi di beberapa perangkat penerima. Saat ini, kami sudah berbicara dengan pembuat HP yang beroperasi di frekuensi 2,3 GHz, mereka sudah bukan software untuk bisa pakai layanan 5G,” terangnya.

“Adapun perangkat Apple yang bekerja di frekuensi 2,6 GHz belum tersedia karena spektrumnya masih dipakai untuk kepentingan satelit,” imbuh Johnny.

Diketahui, layanan 5G resmi hadir di Indonesia sejak 27 Mei 2021. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menghadirkan jaringan tersebut secara komersial, kemudian disusul oleh Indosat Ooredoo dan XL Axiata.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  78  =  79