Ingin Punya Kulit Sehat? Imbangi Skincare dengan Rutin Berolahraga
Lifestyle & Sport

Ingin Punya Kulit Sehat? Imbangi Skincare dengan Rutin Berolahraga

Channel9.id-Jakarta. Untuk memiliki kulit sehat dan menawan, Kamu tak cukup hanya mengandalkan skincare. Sebab gaya hidup juga memengaruhi kondisi kulitmu. Misalnya, kalau Kamu punya kebiasaan rutin berolahraga, skincare-mu bisa bekerja dengan baik, lo. Kok bisa? Ini karena berolahraga akan mendorong sirkulasi darah, di mana salah satunya baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: Perawatan Kulit Wajah yang Bikin Berjerawat

Namun, perlu dicatat, kalau Kamu punya masalah kulit, seperti berjerawat, Kamu harus hati-hati mengingat olahraga membuat tubuh berkeringat. Kendati demikian, selagi menerapkan kebiasaan yang tepat, masalah kulit tak akan menghalangimu mendapat manfaat olahraga untuk kulit.

1. Kulit tampak bersih dan sehat
Berkeringat rupanya bisa membuat kulit wajahmu tampak lebih sehat dan bersih. Ini karena produksi keringat bisa mendorong kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Terutama saat olahraga, di mana produksi keringat jadi lebih banyak.

Namun, jangan mendiamkan keringat terlalu lama karena bisa menyumbat pori-pori dan memicu kemunculan jerawat. Maka dari itu, segeralah mandi setelah suhu tubuh kembali normal, tak lama setelah olahraga.

2. Kulit mendapat nutrisi
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa olahraga bisa melancarkan sirkulasi darah. Hal ini memungkinkan sel-sel kulit mendapat oksigen dan nutrisi yang memadai. Alhasil, kulit pun akan lebih terjaga kesehatannya. Kulit akan terasa lembap dan tampak lebih cerah.

3. Mencegah jerawat
Stres menjadi salah satu penyebab jerawat. Sebab stres memicu produksi minyak berlebih pada wajah, yang memicu jerawat. Sementara itu, rutin berolahraga bisa menghilangkan stres, mengingat olahraga memicu pelepasan hormon endorfin dan serotonin—yang bisa meningkatkan mood dan mengurangi efek stres.

4. Mencegah mata panda
Olahraga juga bisa memengaruhi kualitas tidur. Latihan fisik teratur bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Adapun tidur berkualitas secara tak langsung bisa mencegah terbentuknya mata panda—yang biasa muncul karena lelah akibat kurang tidur dan sebagainya.

5. Memperlambat penuaan dini
Penuaan kulit memang tak bisa dihindari, namun olahraga bisa menghambat proses tersebut. Olahraga secara rutin akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga proses penuaan dini bisa diperlambat.

Namun, perlu dicatat, ini perlu diimbangin dengan konsumsi makanan sehat, berhenti merokok, dan perawatan kulit yang rutin untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh.

Itulah sejumlah manfaat olahraga bagi kesehatan kulit wajah. Namun, berbagai manfaat ini tak bisa didapat jika Kamu tak membarenginya dengan perawatan kulit yang tepat.

Pasalnya, salah-salah, berolahraga malah menyebabkan keringat berlebih, penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri yang memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan tak menggunakan riasan wajah ketika berolahraga dan membersihkan tubuh, termasuk wajah, setelah olahraga.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4  +    =  6