Instagram Akan Hadirkan “Template” untuk Pacu Pengguna Bikin Konten Orisinil
Techno

Instagram Akan Hadirkan “Template” untuk Pacu Pengguna Bikin Konten Orisinil

Channel9.id-Jakarta. Instagram sedang menguji fitur baru Bernama Template, yang memungkinkan kreator konten membuat Reels dengan meminjam format video lain di platform. Fitur ini tampaknya mirip dengan template TikTok, yang memungkinkan kreator konten menambahkan konten mereka ke urutan video yang sudah dibuat sebelumnya.

Pengamat media sosial Alessandro Paluzzi telah melihat versi awal Template pada Januari lalu. Selain itu, manajer pemasaran dan influencer Josephine Hill juga telah menjajal fitur tersebut. Hill membagikan pengalamannya pada Maret lalu, dan menunjukkan bahwa sepertinya pengguna bisa menukar klip mereka sendiri ke dalam bingkai yang telah ditetapkan dan menambahkan audio mereka sendiri. Kemampuan ini bisa membuat para pengguna berpaling dari penggunaan template dari situs pihak ketiga seperti Canva. Pengguna pun tak perlu mengikuti tutorial untuk membuat format template.

“Kami selalu mencari cara baru untuk membuat Reels lebih mudah dibuat,” ujar juru bicara Meta, dikutip dari Insider. “Kami sedang menguji kemampuan untuk membuat gulungan menggunakan Template yang ada dari Reels lain.”

Instagram juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menguji coba fitur tersebut dengan melibatkan segelintir pengguna. Adapun uji fitur ini dilakukan untuk menarik lebih banyak kreator konten ke Reels, dan mengatasi salah satu masalah terbesarnya: repost video dari TikTok.

Pada tahun lalu, Instagram mengatakan akan berhenti mempromosikan Reels yang memiliki watermark TikTok. Kemudian pada awal pekan ini, CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan bahwa platform tersebut akan menindak lebih keras dengan menurunkan peringkat konten repost. Nah, kehadiran fitur Template diyakini akan mempermudah dan memicu kreator konten di Reels untuk membuat konten yang lebih orisinil.
(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

46  +    =  47