Internasional

Iskander-M Dikerhakan di Perbatasan Saat Putin Hadiri Misa Paskah Ukraina Saat

Channel9.id-Ukraina. Presiden Vladimir Putin menghadiri misa Paskah yang diadakan oleh Gereja Ortodoks Rusia pada hari Minggu (24/4/2022). Gereja Ortodoks itu sendiri mendukung “operasi militer khusus” Rusia di Ukraina.

Putin, yang mengenakan setelan biru tua, kemeja putih dan dasi ungu tua, terlihat di Katedral Kristus Juru Selamat, Moskow, sambal memegang sebuah lilin

Pemimpin Rusia itu berulangkali bersikap diluar batas dalam upacara keagamaan itu. Ketika Pastor Kiril mengatakan “Yesus Telah Bangkit”, Putin berdiri dengan anggota kongregasi lainnya dengan mengatakan “Sungguh Dia Telah Bangkit”.

Pada upacara di lapangan pada Sabtu lalu, Kirill mengatakan kalau ia berharap konflik di Ukraina akan segera berakhir, namun ia tak menyatakan mengutuk aksi agresi militer tersebut. Pernyataan itu dianggap negara Barat sebagai sebuah dukungan terhadap invasi Putin ke Ukraina, dan gereja-gereja Ortodoks dunia mengaku kaget dengan pernyataan tersebut.

Rusia mengatakan kalau mereka sedang melakukan operasi militer khusus di Ukraina yang bertujuan untuk mendemiliterisasi dan mendenazifikasi negara tetangganya tersebut. Ukraina dan negara-negara Barat menolak alasan Rusia tersebut atas tindakan egoisnya ke Ukraina.

Staff Jenderal Pasukan Ukraina sendiri juga menuduh kalau Rusia telah mengerahkan peluncur rudal perang Iskander-M ke daerah perbatasan Ukraina.

“Kemudian, musuh juga telah meningkatkan jumlah pasukannya di daerah Belgorod dengan mengerahkan dan memfokuskan pasukannya di sana,” kutip kabar harian dari Pasukan Bersenjata Ukraina.

“Menurut informasi yang kami tangkap, peluncur rudal Iskander-M telah dikerahkan di daerah 60 km dari perbatasan kami dengan Rusia,” tuturnya tanpa memberikan rincian lanjut.

Peluncur Iskander-M, atau disebut SS-26 Stone oleh NATO, telah menggantikan rudal Scud Soviet. Dua rudal kendalinya mempunyai jarak jangkauan sejauh 500 km dan dapat mengangkut hulu ledak biasa atau bahkan nuklir.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1  +  9  =